Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BERAS SINTETIS: Ketua Perpadi Ragukan Hasil Uji Laboratorium

Ketua DPD Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), Nellys Soekidi, masih meragukan temuan beras sintetis yang terbuat dari bahan berbahaya, kendati hasil uji laboratorium PT Sucofindo sudah menyatakan bahwa temuan tersebut mengandung plastik.
Muhammad Avisena
Muhammad Avisena - Bisnis.com 22 Mei 2015  |  11:51 WIB
BERAS SINTETIS: Ketua Perpadi Ragukan Hasil Uji Laboratorium
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menunjukkan sample beras bercampur bahan sintetis usai memberikan keterangan pers hasil uji laboratorium beras sintetis di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua DPD Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), Nellys Soekidi, masih meragukan temuan beras  sintetis yang terbuat dari bahan berbahaya, kendati hasil uji laboratorium PT Sucofindo sudah menyatakan bahwa temuan tersebut mengandung plastik.

Nellys mengatakan, para pelaku usaha beras merasa rugi dengan adanya pemberitaan mengenai beredarnya beras plastik di pasaran, terutama setelah adanya hasil uji yang dibacakan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

“Sampai sekarang saya belum yakin kalau beras itu benar-benar mengandung plastik seperti apa yang disampaikan,” kata Nellys.

Menurutnya, ketika ada produsen yang ingin memalsukan produk tertentu, biasanya bertujuan untuk mengeruk keuntungan. Anehnya, bijih plastik seharusnya lebih mahal dibanding beras asli, sehingga tidak mungkin akan ada keuntungan material dari pemalsuan beras dari plastik.

Terkait uji laboratorium Sucofindo, dia menuturkan seharusnya sampel yang diambil tak hanya dari satu konsumen saja, tetapi random dilakukan kepada konsumen yang membeli jenis beras yang sama di tempat temuan tersebut, sehingga hasil uji benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

Kendati demikian, jika benar beras temuan tersebut benar-benar positif mengandung plastik, maka seharusnya bisa dipertanggungjawabkan, dan pemerintah harus mengusut sampai tuntas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beras sintetis Beras Plastik
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top