Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Populasi Hotel di Banten Tumbuh di Atas 20%

Seiring peningkatan taraf ekonomi masyarakat Banten dan perkembangan sektor pariwisata di provinsi ini mendorong populasi hotel tumbuh antara 20% - 25% pada tahun ini.
Foto ilustrasi hotel. /turismoemroma.com
Foto ilustrasi hotel. /turismoemroma.com

Bisnis.com, TANGERANG-- Seiring peningkatan taraf ekonomi masyarakat Banten dan perkembangan sektor pariwisata di provinsi ini mendorong populasi hotel tumbuh antara 20% - 25% pada tahun ini.

Achmad Sari Alam, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pimpinan Daerah Banten, mengatakan segmen hotel yang berkembang pesat bukan hotel-hotel mewah melainkan bintang 3 hingga 4.

" Mayoritas tamu yang menghuni kamar adalah masyarakat lokal bukan asing," katanya kepada Bisnis, akhir pekan ini. Guna menarik lebih banyak tamu asing, pelaku usaha mempergiat kerja sama dengan grup hotel asing.

Saat ini di seluruh Banten ada sekitar 350 hotel dengan jumlah hotel berbintang di bawah 50 unit. Hotel yang bermukim di Tangerang Raya diperkirakan 20%-nya setara 70 unit. "Dari 10 juta penduduk Jakarta yang suka traveling, kalau 1% sampai 2% ke sini, Banten penuh," tutur Achmad.

Perkembangan bisnis hotel, restoran, dan katering (horeka) tidak hanya menggerakkan roda ekonomi di sektor pariwisata. Bisnis ritel rupanya ikut terdongkrak terlihat dari level keterisian ruang-ruang ritel yang ada khususnya di Serpong, Tangerang, demikian Colliers International menilai.

Perusahaan global yang bergerak di bidang real estate itu menyatakan setidaknya sampai dengan kuartal III/2014 okupansi ruang ritel di Tangerang menyentuh 85%, lebih besar dibandingkan dengan Bekasi 80%. Hal ini terdorong konsep business to bussines horeka yang saling menyokong.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper