Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pertama Ramadan, Jakarta Lengang

Hari ini, Kamis (18/6) merupakan hari pertama pelaksanaan ibadah puasa ramadan. Di hari pertama puasa ini, Ibu Kota Jakarta terlihat lengang tidak seperti biasanya yang penuh dengan kemacetan, kesemerawutan, kebisingan suara mobil dan klakson, dan sebagainya.

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Kamis (18/6) merupakan hari pertama pelaksanaan ibadah puasa ramadan. Di hari pertama puasa ini, Ibu Kota Jakarta terlihat lengang tidak seperti biasanya yang penuh dengan kemacetan, kesemerawutan, kebisingan suara mobil dan klakson, dan sebagainya.

Pantauan Bisnis, sejumlah ruas jalan, juga terlihat lengang tidak banyak dijumpai lalu lalang kendaraan bermotor, seperti Pejompongan, Mas Mansyur, MH Thamrin, Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Kebon Sirih, Cideng, dll.

"Iya, beberapa jalanan terlihat lengang. senang deh, nggak macet. Jam 11.00 wib di jalan sekitar Tanah Abang juga lancar, nggak macet seperti beberapa hari sebelumnya," tutur Tita, karyawan perushaan swasta yang ditemui Bisnis di daerah Kebon Sirih.

Selain itu, Rossi Handayani, karyawati swasta yang tinggal di Bekasi dan bekerja di Jakarta, yang setiap hari pulang-pergi mengandalkan kereta commuter juga mengaku heran dan sekaligus senang.

"Iya biasanya aku kalau dari Bekasi jam 08.00 wib ke Stasiun Gondangdia selalu penuh sesak dan nggak kebagian tempat duduk. Hari ini tadi keretanya lengang dan ini tadi baru ngrasain dapat tempat duduk," tuturnya.

Bahkan, perbedaan suasana juga terlihat di kawasan Balai Kota DKI, Jakarta. Kalau biasanya terlihat ramai oleh pegawai negeri sipil (PNS) yang lalu lalang, kini terlihat sepi.

Bahkan beberapa petugas pengamanan dalam (pamdal) yang biasanya selalu siap siaga menjaga disetiap pintu masuk, terlihat hanya duduk saja. Ketika ditanyakan mengapa mereka duduk, para petugas itu mengatakan mereka masih mengantuk akibat bangun pagi untuk sahur.

“Iya nih masih ngantuk banget. Baru hari pertama soalnya, belum terbiasa,” kata salah satu pamdal di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (18/6).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengimbau PNS DKI Jakarta jangan datang terlambat masuk kerja selama bulan puasa. Karena menjalan puasa sambil bekerja dengan kinerja yang tetap prima merupakan ibadah dan mendatangkan pahala yang besar.

“Puasa itu nggak boleh semakin menurunkan semangat kerja. Malah harus meningkatkan semangat kerja dong,” katanya. Mantan Wali Kota Blitar ini menegaskan kalau menganggap puasa itu sebagai ibadah, maka PNS DKI harus terpacu untuk bekerja semakin produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler