Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suplai Air Bersih di Kota Tangerang Kembali Normal

Produksi air bersih PDAM Tirta Benteng kembali normal, sebelumnya sempat terhenti akibat jebolnya pintur air nomor 6 di Pintu Air 10, Sungai Cisadane, Kota Tangerang.
PDAM/Ilustrasi
PDAM/Ilustrasi

Bisnis.com, TANGERANG—Produksi air bersih PDAM Tirta Benteng kembali normal, sebelumnya sempat terhenti akibat jebolnya pintur air nomor 6 di Pintu Air 10, Sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah  mengatakan PDAM sempat setop memproduksi air bersih sampai pukul 21.00 WIB. Tapi kini produksi air bersih kembali normal ke level 370 liter per detik.

“Normal ini secara perlahan berkat bantuan tiga pompa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan dua pompa dari  Dinas SDA," ucap dia, di Tangerang, Rabu (29/7/2015).

Pemerintah Kota Tangerang juga mengerahkan 160 personil Dinas Binas Marga dan SDA untuk menutup kebocoran pintu air dengan karung pasir.  Fokus utama saat ini adalah menaikkan debit air terlebih dulu agar PDAM bisa berproduksi.

Arief menyatakan pemerintah pusat selayaknya bergerak cepat mengatasi kebocoran Pintu Air 10. Infrastruktur ini krusial bagi mengingat kebutuhan air bersih tergolong vital bagi masyarakat belum lagi suplai air ke Bandara Soekarno-Hatta bergantung kepada Sungai Cisadane.

"Bandarakan objek vital negara, jangan sampai suplay airnya terhenti. Dari dulu kami sudah minta agar pintunya diganti bukan hanya dilas," ucap dia.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Teuku Iskandar mengklaim pihaknya sudah rutin melakukan pemeriksaan kondisi Pintu Air 10. Untuk Pintu Air nomor 6 pun, Balai Besar mengaku terus melakukan perawatan.

"Kita perbaiki bukan karena pas ada rusaknya saja. Pengecekan dan perbaikan selalu tepat waktu," tutur Teuku. 

Selain pintu nomor enam yang rusak, Teuku  menyatakan akan mempercepat proses perbaikan Pintu Air 10 secara keseluruhan. Perbaikan dan perawatan Pintu Air 10 ditargetkan akan rampung maksimal akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper