Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangerang Siap Tambah 3 BLK Baru

Pemkot Tangerang berencana menambah 3 unit BLK pada tahun mendatang
Ilustrasi/blkcilegon.blogspot.com
Ilustrasi/blkcilegon.blogspot.com

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang berencana menambah tiga unit balai latihan kerja (BLK) baru pada tahun-tahun mendatang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan tambahan tiga BLK ini akan dibangung di tempat berbeda.

“Rencananya akan dibangun di Larangan dan Cibodas, ini sudah masih dalam rancangan lelang. Kami harap 2017 [sudah beroperasi],” tuturnya kepada Bisnis, Jumat (14/8/2015).
 
Dia mengaku belum dapat memastikan sebanyak apa daya tampung BLK baru tersebut, sama seperti BLK yang ada atau bisa melatih lebih banyak orang. Demikian pula dengan bidang pekerjaan yang akan disediakan, entah sama dengan BLK sebelumnya atau sama sekali baru dan fokus ke sektor jasa.

Perkara semacam itu butuh pembahasan lebih lanjut setelah DPRD Kota Tangerang menyetujui. Yang pasti pemkot akan menambah jenis pelatihan di bidang jasa, yakni perbankan, perhotelan, dan sekuriti. Pelatihan sekuriti kini mulai dirintis di BLK Pintu Air 10, sedangkan perhotelan menyusul.

“Satpam ini kebutuhannya besar, tahun lalu yang tidak bisa kami penuhi sampai 2.000 orang. Sedangkan perhotelan [menyikapi] pertumbuhan bisnis hotel. Kami harap sektor saja bisa diperkuat,” ucap Abduh.

Ditanya lebih detil soal spesifikasi pelatihan BLK, kadisnaker mengaku tidak dapat memastikan para lulusan dapat disetarakan dengan pendidikan formal apa. Dia mengimbuhkan mulai 2015 tak sedikit lulusan-lulusan SMA yang tidak kuliah lantas mengambil pelatihan di BLK.

Kendatipun Tangerang dapat dikatakan salah satu daerah termaju di Provinsi Banten tetap saja urusan pengangguran belum hilang dari kota ini. Mereka yang terdidik secara formal banyak yang menganggur. Tingkat pengangguran terbuka di Banten berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan pada Agustus 2014 tertinggi dari SMA Kejuruan 13,38%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper