Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAMKESMAS: Kartu Multiguna Berubah Jadi Tangerang Sehat

Pemerintah Kota Tangerang mengubah nama kartu program jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dari Multiguna menjadi Tangerang Sehat.
RSUD Tangerang/Antara
RSUD Tangerang/Antara

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang mengubah nama kartu program jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dari Multiguna menjadi Tangerang Sehat.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan meski berubah nama keduanya tetap memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Jadi enggak bener [yang menyatakan] mereka yang dapat pelayanan kesehatan hanya pemegang kartu Multiguna," ujarnya di Kota Tangerang, Senin (7/9/2015).

Dadi memastikan seluruh warga Kota Tangerang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di 32 rumah sakit yang bekerja sama dengan pemerintah kota (pemkot). Pasien cukup berbekal Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pelayanan kesehatan tersebut salah satunya diakomodir melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang. Walaupun sebutannya “anak daerah” bukan berarti rumah sakit ini tidak bisa tampil modern dan sekelas rumah sakit swasta.

Setiap kamar cuma diisi empat tempat tidur, dua pendingin ruangan, dan dilengkapi dengan kamar mandi. Sekarang, total tempat tidur yang tersedia 150 unit. Kamar rawat inap di RSUD ini setara kelas dua di rumah sakit swasta.

Fasilitas kesehatan tersebut berdiri di Jl. Pulau Putri Raya No. 191, Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Pembangunannya melalui dua tahap, pertama pada 2012 pembangunan struktur RS sampai dengan lantai lima, dilanjutkan penyelesaian tiga lantai tambahan yang seluruhnya kelar pada November 2013.

"Kami rumah sakit pemerintah pertama yang terapkan rekam medis elektronik untuk rawat jalan," kata Kepala Instalasi Manajemen Rekam Medik dan Instalasi Kesehatan RSUD Kota Tangerang Romaden Marbun.

Tak hanya untuk menentukan nomor antrean calon pasien jelang pendaftaraan, tetapi sistem yang terkomputerisasi itu juga bisa mengecek tempat tidur kosong. Sebagai contoh, dokter yang hendak merujuk pasien rawat inap bisa langsung memeriksa ketersediaan bed.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper