Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RITEL BIR: Relaksasi Aturan Penjualan, Ahok Nurut Kemendag

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan menunggu langkah Kementerian Perdagangan terkait peredaran minuman beralkohol golongan A di Jakarta
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 16 September 2015  |  12:23 WIB
RITEL BIR: Relaksasi Aturan Penjualan, Ahok Nurut Kemendag
Ilustrasi - theheinekencompany.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan menunggu langkah Kementerian Perdagangan terkait peredaran minuman beralkohol golongan A di Jakarta.

"Kami tunggu informasi dari Kementerian Perdagangan. Kami sih gampang tinggal balik aja (ke aturan sebelumnya)," ujarnya di Balai Kota, Rabu (16/9/2015).

Kementerian Perdagangan dalam waktu dekat akan merelaksasi Peraturan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri No. 04/PDN/PER/4/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengendalian Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol Golongan A.

Aturan Dirjen Dagri No. 04/2015 tersebut mengatur tentang tata cara penjualan minuman beralkohol golongan A, khususnya untuk daerah wisata. Namun dengan dergulasi aturan tersebut, nantinya wewenang untuk penjualan dan peredaran minuman bir dan sejenisnya diatur oleh pemerintah daerah.

Terkait hal tersebut, Ahok akan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan.

"Lagian belum pernah ada catatan kriminal orang minum bir mabuk terus menyerang. Yang ada oplosan. itu yang berbahaya," imbuhnya.

Sebelumnya, mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang perubahan kedua atas Permendag No. 20/M-DAG/4/2014 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol yang melarang minimarket untuk menjual minuman beralkohol golongan A.

Aturan terkait pelarangan penjualan minuman beralkohol golongan A di minimarket tersebut efektif dilaksanakan April 2015. Beleid yang diterbitkan oleh Rachmat Gobel tersebut mendulang respons pro-kontra di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok kemendag minuman beralkohol
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top