Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Flu Burung, Ratusan Unggas Diamankan di Jakpus

Cegah Flu Burung, Ratusan Unggas Diamankandi Jakpus
Burung merpati/steamcommunity.com
Burung merpati/steamcommunity.com

Bisnis.com, JAKARTA - Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, melakukan razia unggas di RW 04, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen. Hasilnya, seratusan ekor unggas berhasil diamankan oleh petugas dari warga.

Sebanyak 37 petugas gabungan dari Sudin KPKP, Satpol PP, dan aparat kelurahan serta kecamatan menyisir rumah-rumah warga di lokasi tersebut. Setiap unggas yang ditemukan, langsung diamanakan oleh petugas.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Muljadi mengatakan, razia ini berdasarkan keresahan masyarakat terkait potensi virus flu burung akibat banyaknya unggas di wilayah mereka. Pemeliharan unggas di permukiman warga dilarang, sesuai Perda nomor 4 tahun 2007 tentang pengendalian pemeliharaan dan peredaran unggas di DKI.

"Kita langsung tertibkan seluruh unggas di RW 04 Kramat. Dari hasil penyisiran kita dapatkan 71 ekor burung dara dan 32 ekor ayam. Ada lima warga yang memiliki banyak unggas di sini," ujar Muljadi, Jumat (2/10).

Beberapa unggas pun langsung dipotong di lokasi. Dagingnya pun diserahkan langsung kepada pemilik. "Sebagian hewannya kita potong dan dagingnya diserahkan pada pemiliknya. Kemudian kandangnya dibongkar dan dihancurkan agar tidak dipergunakan lagi,” ucapnya.

Menurut Muljadi, pihaknya akan terus merazia seluruh unggas yang berada di pemukiman warga dan tak memiliki sertifikasi dari instansi terkait. Hal ini untuk mencegah adanya penularan penyakit flu burung yang ditularkan dari unggas.

"Kita juga minta pemilik unggas membuat pernyataan untuk tidak memelihara lagi, kecuali ada sertifikasinya. Kalau tidak akan kita musnahkan langsung," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper