Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menperin Saleh Acungkan Jempol untuk Banten

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengaku mengacungkan jempol alias memuji karakter bisnis Provinsi Banten di Industri Kecil Menengah (IKM).
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 21 November 2015  |  09:19 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama Gubernur Banten Rano Karno memperhatikan salah satu produk kerajinan IKM pada pameran Banten Expo 2015 di Tangerang, Banten, 20 November 2015.
Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama Gubernur Banten Rano Karno memperhatikan salah satu produk kerajinan IKM pada pameran Banten Expo 2015 di Tangerang, Banten, 20 November 2015.

Bisnis.com, TANGERANG—Menteri Perindustrian Saleh Husin mengaku mengacungkan jempol alias memuji karakter bisnis Provinsi Banten di Industri Kecil Menengah (IKM).

"Di Banten, saya harus acungkan jempol, semua ada. Dengan lokasi geografis strategis, budaya yang kuat, dan keberadaan IKM serta industri besar, saya yakin produk made in Banten terus berkembang," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (21/11/2015).

Saat ini Banten memiliki kekayaan dan kearifan lokal yang melahirkan Batik Banten, anyaman dan tenun Baduy. Provinsi ini juga memiliki 34 sentra IKM yang meliputi sentra makanan ringan, alas kaki, logam, batubata dan genteng yang tersebar di Serang, Pandeglang dan Lebak.

Kemenperin mengklaim salah satu upaya yang dilakukannya guna mendorong IKM di Banten adalah peningkatan kapasitas dan teknologi Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kemasan. Selain itu, menggelar pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi sertifikasi halal.

“Saya harap kerja sama Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat tetap kokoh sehingga melalui berbagai fasilitasi industri di Banten dapat tumbuh dengan pesat,” ucap Saleh.

Di Banten terdapat kawasan industri dengan total luas lahan mencapai 5.246 hektare. Kawasan Industri Cilegon dan Kawasan Industri Modern Cikande misalnya dihuni oleh pabrik-pabrik bahan bangunan, consumer goods, bahan kimia, hingga baja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menperin ikm
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top