Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI AIDS: Ahok Kritik KPA DKI, Kayak Puskesmas

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengeritik kinerja Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI Jakarta yang dinilai tak ada bedanya dengan puskesmas.
Hari AIDS Sedunia/huffingtonpost
Hari AIDS Sedunia/huffingtonpost

Bisnis.com, JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengeritik kinerja Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI Jakarta yang dinilai tak ada bedanya dengan puskesmas.

"Perlu enggak sih bikin KPA? Fungsinya kan sama kayak puskesmas, " ujar Ahok itu saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Dikatakan, selama ini KPA mendapat kucuran anggaran Rp20-30 miliar per tahun.

"KPA ini komisi yang ngabisin uang APBD yang tidak perlu, sudah terlalu banyak komisi di republik ini, " katanya.

Menurut dia, masih banyak kebutuhan sosial lain yang perlu dibiayai. Misalnya, pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak.

Padahal, kata Ahok, RPTRA sendiri tidak membebani keuangan negara karena pemerintah telah bekerjasama dengan swasta. Tahun ditargetkan ada 63 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak yang selesai dibangun.

Pembangunan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan mimpi besar Ahok, yaitu menjadikan Jakarta sebagai Kota Ramah Anak.

"Saya pengen ada ruang terbuka ramah anak, bahkan sampai ramah lansia, " ujar Ahok lagi.

Untuk membangun RPTRA tersebut, Ahok telah menunjuk PT Jaya Konstruksi, dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp 500-800 juta.

"Saya minta bantuan CSR ke developer untuk bangun RPTRA," kata dia.

Pada 2016, pembangunan RPTRA ditargetkan dapat dua kali lipat jumlahnya dengan area yang juga lebih luas. Keberadaan RPTRA nantinya diperkirakan sudah dapat memenuhi 70-80% dari 31 indikator kota layak anak.

Adapun sisanya yang perlu dilengkapi adalah melalui posyandu, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), serta berbagai aktivitas pengawasan anak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper