Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

23 Unggas di Penjaringan Kena Virus Flu Burung

23 Unggas di Penjaringan Kena Virus Flu Burung
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 April 2016  |  22:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - 23 unggas peliharaan warga di lingkungan RT09/04, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara ditemukan mati mendadak. Setelah diperiksa, kematian puluhan unggas tersebut akibat terjangkit virus flu burung.

Hasan (47) warga setempat mengatakan, 23 ekor ayam peliharaan ini ditemukan mati sekitar pukul 12.00 tadi siang. Hewan-hewan itu sebelumnya berkeliaran dan tiba-tiba mati tanpa diketahui sebab yang jelas.

"Kemarin-kemarin terlihat sehat-sehat saja. Tapi saat jelang siang tiba-tiba mati dan kami tidak tahu penyebabnya," katanya, Selasa (5/4).

Menurut Hasan, puluhan ekor ayam tersebut mati satu persatu dalam kurun waktu tak berjauhan. Melihat ada keanehan, warga pun langsung melaporkan kepada pengurus RT setempat yang selanjutnya dilaporkan ke pihak kelurahan. Dari laporan itu, Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara melakukan pengecekan.

"Setelah dicek, matinya ayam-ayam itu karena terjangkit flu burung," terangnya.

Sementara itu, Lurah Kamal Muara, Dwi Panji Forkiantoro menuturkan, 23 ekor ayam yang ditemukan mati mendadak di wilayah RT09/04 langsung dikubur setelah diperiksa positif flu burung. Pihaknya bersama Sudin KPKP Jakarta Utara juga membakar kandang ayam milik warga di sekitar lokasi.

"Dari hasil uji laboratorium Sudin KPKP ternyata hewan-hewan itu positif terkena virus flu burung. Selain mengubur ayam tersebut, kita saat itu juga langsung membakar 10 kandang ayam," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

flu burung

Sumber : Berita Jakarta

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top