Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Pondok Cabe, Pemkot Tangsel Minta Ketegasan Pemerintah Pusat

Pemerintah Kota Tangerang Selatan masih menunggu itikad baik sejumlah pihak yang terkait dalam rencana komersialisasi Bandara Pondok Cabe.
Bandara Pondok Cabe/Bisnis.com
Bandara Pondok Cabe/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang Selatan masih menunggu itikad baik sejumlah pihak yang terkait dalam rencana komersialisasi Bandara Pondok Cabe.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengaku hanya PT Pelita Air Service yang sudah melakukan koordinasi mengenai rencana komersialisasi Bandara Pondok Cabe. Padahal, Pemkot Tangsel cukup berkepentingan dalam rencana tersebut karena bandara itu berada di Tangsel.

“Baru Pelita Air saja yang sudah melakukan komunikasi, sedangkan lainnya belum sama sekali,” katanya di Tangerang, Jumat (8/4/2016).

Airin mengetahui bahwa Pemkot tidak memiliki wewenang mengeluarkan izin komersialisasi, tetapi operasionalisasi bandara ini membutuhkan izin lingkungan yang dikeluarkan oleh pemda setempat.

Airin tidak menampik bahwa komersialisasi Bandara Pondok Cabe akan menimbulkan multiplier effect terhadap perekonomian sekitar, misalkan peningkatan pendapatan di sektor perdagangan, dan jasa.

Kendati demikian, dirinya juga menyebutkan keberadaan bandara komersial tersebut juga berpotensi menimbulkan persoalan sosial antara lain kemacetan dan kebisingan. Pasalnya, kawasan tersebut dikelilingi oleh perumahan dan perkampungan.

“Soal kemacetan juga harus dipikirkan oleh pemerintah, seandainya komersialisasi bandara ini dilakukan dalam waktu dekat. Seharusnya ada langkah cepat dari pemerintah pusat untuk segera memperlebar jalan di sekitar Bandara Pondok Cabe menjadi empat lajur,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya berharap adanya sebuah kajian secara detil terkait pengembangan Bandara Pondok Cabe menjadi komersil sehingga dampak-dampak negatifnya terhadap kawasan sekitar dapat diminimalisasi.

Tunggu Instruksi

Senada dengan Airin, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tangsel Teddy Meiyadi mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi pemerintah pusat karena komersialisasi bandara tersebut bukan kewenangan pemerintah daerah.

“Daerah hanya melengkapi dengan regulasi penataan kawasan agar tidak terjadi gesekan dengan masyarakat sekitar,” tekannya.

Tak hanya itu, soal kontribusi peningkatan pendapatan daerah, Teddy mengungkapkan pihaknya belum bisa memastikan bahwa operasionalisasi Bandara Pondok Cabe di Pamulang akan berdampak positif terhadap pendapatan Tangsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler