Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Beli Lahan Sendiri: Kepala Dinas KPKP Ngaku Tak Tahu Menahu

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengatakan pihaknya tak tahu-menahu soal pembelian tanah di Cengkareng Barat oleh Dinas Perumahan Pemprov DKI.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengatakan pihaknya tak tahu-menahu soal pembelian tanah di Cengkareng Barat oleh Dinas Perumahan Pemprov DKI.

Pasalnya, seperti tercatat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Pemprov DKI 2015, lahan tersebut merupakan aset Pemprov DKI.

"Itu tanah kami, tapi yang beli Dinas Perumahan. Kami gak tahu sama sekali. Kami baru tahu saat sudah ada audit dari BPK," ujarnya di Balai Kota DKI, Senin (26/6/2016).

Dia menuturkan pihaknya memiliki semua dokumen lengkap, termasuk sertifikat lahan seluas 4,6 hektar yang berada di Jalan Lingkar Luar Cengkareng, Jakarta Barat.

"Coba diuber saja ke Badan Pertanahan Nasional [BPN], karena dokumen semua di sana. Masa sertifikat sama dikeluarkan oleh BPN setempat? Kan bingung kita. Sekarang lagi diproses di Biro Hukum," katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membeli tanah milik mereka sendiri sebesar Rp 648 miliar pada 13 November tahun lalu. Tanah seluas 4,6 hektare tersebut berada di Jalan Lingkar Luar Cengkareng, Jakarta Barat.

Harga beli itu merupakan kesepakatan Dinas Perumahan dan Gedung dengan penjualnya sebesar Rp 14,1 juta per meter persegi. Padahal nilai jual obyek pajak wilayah itu Rp6,2 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper