JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Sunter Jakarta Utara

Sunter ialah sebuah kawasan strategis dan cukup elit di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang tidak jauh dari jalan baypass Jl Suprapto.
Nurudin Abdullah | 21 Juli 2016 18:17 WIB
Petugas Sudin Kebersihan DKI Jakarta membersihkan sampah di Kali Sunter, Jakarta utara. Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Sunter ialah sebuah kawasan strategis dan cukup elit di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang tidak jauh dari jalan baypass Jl Suprapto.

Nama Sunter terkenal karena sekarang banyak komplek perumahan mewah dan  kantor-kantor yang menjadi tempat perakitaan dan showroom mobil.

Daerah Sunter merupakan salah satu kawasan yang dikembangkan dengan sistem otorita. Juga ditetapkan menjadi pusat pergudangan kota Jakarta karena letaknya dekat dari Pelabuhan Samudra Tanjung Priok.

Selain itu lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan industri Pulo Gadung dengan akses menuju provinsi di Jawa lainnya. Sehingga gudang-gudang di Sunter dipenuh petikemas.

Mengapa daerah itu namai Sunter? Zaenuddin HM menjelaskan dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Dijelaskan, nama Sunter diyakini berasal dari nama sungai Sunter yang alirannya melewati wilayah tersebut.

Namun, kemungkinan juga diambil dari kondisi sungai pada masa lalu yang airnya mengalir sangat deras. Kata deras juga disebut santer atau banter yang berarti cepat.

Kawasan tersebut cukup rendah dan terdapat kali Sunter, sehingga tidak heran jika pada musim hujan sering kebanjiran. Demikianlah.

Tag : Jakarta, kali sunter
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top