Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Tangsel Minta Sosialisasi Pencegahan Virus Zika Diintensifkan

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan diminta secara intensif mensosialisasikan mengenai pengendalian dan pencegahan virus zika kepada masyarakat.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 06 Oktober 2016  |  14:32 WIB
Warga Tangsel Minta Sosialisasi Pencegahan Virus Zika Diintensifkan
Ilustrasi-nyamuk demam berdarah - Foxnews

Bisnis.com, TANGSEL-Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan diminta secara intensif mensosialisasikan mengenai pengendalian dan pencegahan virus zika kepada masyarakat.

Alfian, warga Jurang Mangu, Kelurahan Sawah Lama, Kecamatan Ciputat, Tangsel, mengatakan sebaiknya dinas mensosialisasikan mengenai pencegahan virus zika kepada masyarakat, selain kepada pengelola rumah sakit dan klinik.

“Sosialisasi pencegahan virus zika kepada masyarakat secara luas agar menjadi gerakan dengan penuh kesadaran seperti yang dilakukan terhadap virus demam berdarah dengue,” katanya, Kamis (6/10/2016).

Sementara itu Adhy Purnawan, Kepala Seksi Surveillans Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, mengatakan hingga saat ini di wilayah Tangsel memang belum ada yang terjangkit virus zika.

“Namun, kami harus tetap melakukan pencegahan dan pengendalian agar nanti bisa mendeteksi sedini mungkin virus zika tersebut,” ujar dia dalam situs resminya.

Menurutnya, Dinkes Kota Tangsel telah memberikan pemaparan tentang pencegahan dan pengendalian virus zika kepada pengelola 27 rumah sakit dan klinik di wilayah Tangsel.

Pencegahan dan pengendalian virus zika, lanjutnya, dilatar belakangi oleh adanya hubungan antara peningkatan infeksi virus zika dengan kejadian mikrosefalus pada bayi baru lahir dan gangguan neurologis lain serta tingginya potensi penyebaran.

Dia menjelaskan penyebaran virus zika hampir sama seperti demam berdarah dengue (DBD) yaitu melalui nyamuk, sehingga cara pencegahannya hampir sama dengan pemberantasan sarang nyamuk dan menjaga kebersihan lingkungan.

Penyebaran virus zika dan DBD sama-sama dari nyamuk, jika ibu hamil terkena virus zika dapat menular pada janin yang dikandung dan dapat mengganggu pertumbuhan janin, bisa menyebabkan cacat atau mikrosefalus yakni kepala berukuran kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang selatan demam berdarah virus zika
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top