Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gereja di Jakarta Pusat Ini Tetap Waspadai Ancaman Teror

Jemaat dan pemimpin ibadah di Gereja Santa Theresia, Menteng, Jakarta, tetap mewaspadai adanya kemungkinan ancaman teror yang bisa mengganggu jalannya perayaan Natal tahun 2016 di salah satu pusat ibadah umat Kristiani di Jakarta Pusat tersebut.
Gereja Santa Theresia Jakarta./gerejatheresia.org
Gereja Santa Theresia Jakarta./gerejatheresia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Jemaat dan pemimpin ibadah di Gereja Santa Theresia, Menteng, Jakarta, tetap mewaspadai adanya kemungkinan ancaman teror yang bisa mengganggu jalannya perayaan Natal tahun 2016 di salah satu pusat ibadah umat Kristiani di Jakarta Pusat tersebut.

"Biasa saja, mengapa musti takut, kami sudah siap, pihak keamanan juga sudah siap dan menjamin keamanan yang nyaman bagi umat. Bagi saya keamanan yang paling jitu adalah dari diri sendiri dengan saling mengawasi yang umumnya pasti saling mengenal antar jemaat," kata Pastor Gereja Santa Theresia, Romo Dido da Gomez (51), Jakarta, Sabtu (24/12/2016).

Menurut Dido, jemaat gereja pun tidak begitu gelisah mengenai adanya kemungkinan ancaman tersebut dengan banyaknya jemaat ekspatriat asing yang melakukan ibadahnya di lingkungan taman gereja tersebut pada pukul 14.00 WIB. "Malahan para ekspatriat lebih suka di luar bangunan gereja yang notabene lebih aman jika terjadi sesuatu," ujarnya.

Salah satu jemaat Gereja Santa Theresia yang enggan menyebutkan namanya mengatakan bahwa dirinya tidak gelisah mengenai potensi serangan teror, tetapi tetap waspada mengenai kemungkinan apapun.

"Kami sangat percaya pada pihak kepolisian bisa menjamin keamanan. Namun saya dan keluarga tetap mewaspadai dan mempersiapkan kemungkinan terburuknya," kata jemaat pria tersebut.

Pihak keamanan sendiri yang diturunkan di lokasi tersebut berkekuatan 57 orang dari unsur Kepolisian, TNI dan Satpol PP menjaga tiga pintu masuk dan keluar jemaat gereja serta jalur kendaraan menuju gereja yang terletak di sudut Jalan Agus Salim dan Jalan Gereja Theresia tersebut.

"Saya sudah minta semua personel berwaspada, terutama pada kendaraan mencurigakan dan orang yang mencurigakan dengan merazia mereka. Dengan demikian keamanan mudah-mudahan terjamin dan umat kristiani bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk, aman dan tenang," kata Kepala posko keamanan Gereja Theresia, Iptu Wagimin yang menyebutkan regu keamanan di sana akan berjaga hingga Natal.

Polda Metro Jaya sendiri dikabarkan menerjunkan sekitar 20.000 personelnya untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukumnya.

Ada tujuh tempat ibadah kristiani yang mendapat penjagaan ekstra ketat, yakni Gereja Katolik di Koja Jakarta Utara, Gereja Kristus Jalan KS Tubun Jakarta Barat, Gereja Santa Maria Jakarta Selatan, Gereja Antonius di Jalan Otista Jakarta Timur, Gereja Paulus, Gereja Immanuel dan Gereja Kathedral di Jakarta Pusat.

Selain itu, ada tiga gereja besar yang mendapat pengamanan khusus dari aparat Polres Jakarta Pusat, yakni Gereja Kanisius, Gereja Theresia dan gereja Anglikan yang semuanya berada di kawasan Menteng Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler