Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Edukasi Kesehatan, DKI Gandeng Johnson & Johnson dan Alfamart

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani nota kesepahaman dengan PT Johnson & Johnson Indonesia dan PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) untuk berkolaborasi melaksanakan program edukasi kesehatan masyarakat bernama Panggung Kampung Sehat (PANGKAS) selama setahun ke depan.
  Tenaga medis dari Suku Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyuntikan vaksin DPT/HB/HIB kepada balita korban vaksin palsu saat pelaksanaan vaksinasi ulang di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (18/7)./Antara
Tenaga medis dari Suku Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyuntikan vaksin DPT/HB/HIB kepada balita korban vaksin palsu saat pelaksanaan vaksinasi ulang di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (18/7)./Antara

Bisnis.com, ,JAKARTA—Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani nota kesepahaman dengan PT Johnson & Johnson Indonesia dan PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) untuk berkolaborasi melaksanakan program edukasi kesehatan masyarakat bernama Panggung Kampung Sehat (PANGKAS) selama setahun ke depan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan edukasi kesehatan perlu dilakukan langsung kepada masyarakat, agar masyarakat dapat memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk memelihara kesehatan secara berkesinambungan.

“Kami menyadari bahwa upaya masif untuk menegakkan kesehatan masyarakat perlu terus dilakukan, agar warga Jakarta menjadi manusia yang produktif dan berkualitas untuk pembangunan ibukota negara ini,” ujar Djarot dalam keterangan tertulisnya yang diterima oleh Bisnis, Sabtu (26/8/2017).

Djarot mengatakan program PANGKAS tersebut akan mencakup upaya peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit menular melalui kegiatan edukasi secara berkesinambungan dan melakukan upaya peningkatan kesejahteraan para kader atau komunitas yang tertarik dalam program pemberdayaan ekonomi.

Adapun penyakit yang akan menjadi fokus dalam kegiatan edukasi dan pemberdayaan komunitas antara lain, tuberkulosis, HIV/AIDS, hepatitis C, cacingan, kesehatan mental jiwa, kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan mulut.

“Diharapkan kegiatan ini bermanfaat untuk terus menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan, serta mewujudkan pola hidup bersih dan sehat dalam keluarga, sehingga warga Kota Jakarta makin mengerti dan makin peduli terhadap kesehatan,” kata Djarot.

Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia Lakish Haltakar mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk melakukan terobosan dan berkomitmen lebih untuk mendukung upaya kesehatan masyarakat. “Melalui program PANGKAS, kami berupaya untuk memberikan edukasi dengan cara yang paling dekat dan mengena bagi masyarakat, sehingga mereka dapat menjaga kesehatan diri dan keluarganya masing-masing. Kami harap ini menjadi awal mula terciptanya masyarakat Indonesia yang lebih sehat secara holistik,” ujar Lakish.

Sebagai mitra dalam kolaborasi ini, Director Corporate Affairs PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Solihin menyampaikan upaya ini merupakan kontribusi perusahaan untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang lebih sehat.

“Panggung kampung sehat ini, salah satunya akan diselenggarakan di ruang komunitas di toko Alfamart. Di wilayah Jakarta sendiri, ada sekitar 35 Rumah Albi yang tersebar dekat dengan masyarakat. Ini menjadi kekuatan kami untuk menjangkau dan mengedukasi mereka,“ tutur Solihin.

Rencananya progam PANGKAS akan dilakukan di 22 tempat masyarakat, seperti puskesmas, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Balai Kota, tempat wisata rakyat, Rumah Albi, dan tempat-tempat strategis lainnya di seluruh Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper