DKI Catat Lebih 30 Operator Komunikasi Pasang Kabel Utilitas Secara Ilegal

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat klaim pihaknya melalui Dinas Bina Marga temukan ratusan kabel utilitas milik lebih dari 30 perusahaan komunikasi yang terpasang di sepanjang jalan-jalan di Jakarta tidak memiliki izin.
Nirmala Aninda | 30 Agustus 2017 16:38 WIB
Sejumlah pekerja memasang kabel optik saluran listrik di jalan Gajah Mada, Jakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat klaim pihaknya melalui Dinas Bina Marga temukan ratusan kabel utilitas milik lebih dari 30 perusahaan komunikasi yang terpasang di sepanjang jalan-jalan di Jakarta tidak memiliki izin.

"Kemaren hari senin kita rapat sinkronisasi antara Bina Marga dengan PLN dan Telkom. Ada lebih dari 30 operator di Jakarta, makanya kita akan undang mereka supaya sama visinya untuk memasang kabel itu di bawah tanah," ujarnya di Balai Kota, Rabu (30/8/2017).

Dirinya menyatakan saat ini Pemprov DKI sedang giat melakukan pembangunan jalur pedestrian dengan tambahan fasilitas pendukung untuk penanaman kabel atau pipa bawah tanah yang juga disebut sebagai ducting.

Menurutnya sudah ada beberapa kemajuan dengan sebagian perusahaan yang menanam kabel utilitasnya di bawah tanah sehingga di beberapa kawasan tidak ada lagi kabel-kabel dipasang berantakan.

"Saya baru tadi dari Kelurahan Wijaya Kusuma, Jakarta Barat, banyak banget kabel macam-macam berapa jenis. Itu kabelnya siapa ya? Semrawut enggak karuan," tukasnya.

Menurutnya agak sulit untuk membersihkan jalur pedestrian dari tiang dan kabel utilitas liar dalam waktu singkat.

Djarot berencana akan menentukan satu kawasan percontohan di jalur utama untuk dijadikam model pembangunan jalur pedestrian selanjutnya.

"Saya minta kepada jajaran walikota camat, dan SKPD terkait untuk menertibkan tiang-tiang liar yang dibangun oleh operator. Langsung identifikasi itu tanggung jawab siapa," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Utilitas, galian kabel

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top