Anies Tinjau Perbaikan Tanggul Jati Padang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali meninjau perbaikan tanggul Jati Padang yang jebol pada Senin (11/12/2017) akibat hujan deras yang melanda Jakarta.
Nirmala Aninda | 13 Desember 2017 11:52 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) menghadiri acara perayaan Hari Disabilitas Internasional, di Panti Sosial Bina Grahita, Jakarta, Rabu (6/12). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali meninjau perbaikan tanggul Jati Padang yang jebol pada Senin (11/12/2017) akibat hujan deras yang melanda Jakarta.

Anies menegaskan bahwa perbaikan tanggul harus selesai dalam waktu dekat untuk mengantisipasi curah hujan yang kembali meningkat beberapa hari terakhir.

"Tanggulnya sedang dituntaskan sekarang. Insya Allah hari ini bisa dipasang batu curah dan batu beronjong. Lahan yang masih tergenang air sudah mulai dipompa dan siang ini sudah bisa selesai," ujar Anies di Kelurahan Jati Padang, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2017).

Dalam jangka pendek, Anies memastikan kondisi tanggul sudah cukup aman mesk pembangunan tanggul bukanlah solusi permanen. Pihaknya akan memantau terus debit air di Situ Babakan agar beban aliran air tidak membebani kawasan Jati Padang.

"Solusi jangka panjangnya harus bersahabat pada lingkungan. Kalau solusi jangka pendeknya adalah membebaskan warga dari limpahan air,"  tuturnya.

Fatimah, istri dari Ketua RT 003 RW 006 Kelurahan Jati Padang, mengakui banjir merupakan situasi langganan yang mereka alami setiap musim penghujan.

Dia mengatakan selama ini warga bahu-membahu untuk membangun tanggul dengan biaya seadanya yang ditarik dari setiap kepala keluarga sejumlah tiga puluh ribu.

"Selama ini apa yang kita kerjakan belum ada dari pemerintah. Kita hanya swadaya masyarakat. Jadi warga bahu-membahu kerja bakti setiap minggu," ujarnya.

Tag : jakarta banjir
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top