Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Banjir, Ini Pesan Anies untuk Para Pemangku Kepentingan

Gubernur DKI Jakarta menyebarkan pesan ke berbagai pihak untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota.
Pengendara sepeda motor nekat menembus banjir di kawasan Mangga Dua, Jakarta, Selasa (21/2)./Reuters-Beawiharta
Pengendara sepeda motor nekat menembus banjir di kawasan Mangga Dua, Jakarta, Selasa (21/2)./Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta menyebarkan pesan ke berbagai pihak untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota.

Adapun isi surat tersebut mengenai laporan mengenai kejadian yang terjadi di Pintu Air Depok yang menunjukan ketinggian air mencapai 400 cm, padahal ketinggian air yang mencapai 300 cm juga sudah dalam status Siaga I diprediksi air ini sedang dalam perjalanan ke Jakarta.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menginstruksikan seluruh jajaran untuk jalankan pesan Operasi Siaga Ibukota yaitu: Siap, Tanggap, dan Garap.

"Khusus untuk pimpinan dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dibawah ini harap siapkan langkah-langkah taktis dan cepat," kata Anies dalam pesan singkatnya kepada media, pada Senin petang (5/2/2018).

Berikut adalah perintah dari Gubernur kepada beberapa pihak pemangku kepentingan:

Walikota: Koordinasikan seluruh pasukan kerja, kerahkan petugas ke lapangan di wilayahnya masing-masing. Pastikan semua posko dalam posisi siap dan bisa menampung semua warga yang berpotensi terdampak bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta: Koordinasikan, antisipasi, dan penanggulangan banjir. Pastikan informasi tersampaikan ke seluruh bagian terkait, juga kepada publik yg membutuhkan. Utamanya seluruh warga di DAS Ciliwung.

Dinas Sumber Daya AIR: pasukan biru bersiap di titik rawan banjir dan memastikan tidak ada sumbatan di tali air. Pastikan pompa-pompa berjalan baik.

Dinas Sosial: Antisipasi warga yang terdampak banjir kiriman. Kebutuhan sandang dan pangan agar dipersiapkan ketika warga harus mengungsi. Siapkan respon cepat jika ada pengungsian.

Dinas Lingkungan Hidup: Lakukan antisipasi penumpukan sampah di pintu air. Bersihkan secara cepat dan tuntas. Persiapkan kebutuhan toilet mobile untuk di lokasi pengungsi.

Dinas Pemadam Kebakaran: Tanggap lakukan evakuasi pengungsi jika dibutuhkan. Bantu pompa mobile bila diperlukan.

Dinas Perhubungan: Antisipasi dan bantu atur lalu lintas petang nanti jika terjadi macet akibat genangan di berbagai titik. Tempatkan petugas tambahan di lapangan, utamanya di daerah rawan genangan.

Dinas Bina Marga: Pastikan semua dan setiap pompa underpass bekerja baik. Semua petugas dalam posisi siap bertindak.

Satpol PP: Bantu jaga setiap rumah pompa. Bantu warga yg membutuhkan di lokasi rawan banjir.

Dinas Kesehatan: Pastikan tenaga medis siaga bergerak dan membantu di daerah rawan banjir dan potensi pengungsian.

Lurah: Pastikan pasukan oranye harus dalam posisi siap untuk bantu mengatasi banjir kiriman. Perbantukan pasukan ke daerah sekitar yg terdampak sesudah memastikan daerah sendiri aman.

Dinas Kominfotik: Pastikan selalu update data terbaru di seluruh kanal informasi. Data dari Kominfo harus akurat dan harus paling cepat dikeluarkan untuk diketahui publik.

Seluruh jajaran SKPD bantu pantau dan pastikan informasi sampai pada SKPD yang terlibat langsung dalam mengantisipasi limpahan air dari hulu yang diprediksi akan masuk Jakarta sekitar pukul 18.00.

Laksanakan instruksi ini dengan cepat dan galang seluruh kekuatan untuk mengamankan warga dan Ibukota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper