Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Video Orang Tua Eksploitasi Bayi, KPAI: Jangan Ada Lagi

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemui Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Jakarta Pusat terkait video viral seorang anak yang diduga dieksploitasi oleh Ayahnya.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemui Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Jakarta Pusat terkait video viral seorang anak yang diduga dieksploitasi oleh Ayahnya.

Komisioner KPAI Bidang Trafficking dan Eksploitasi Anak Ai Maryati Sholihah mengatakan pihaknya menemukan fakta  benar orang tersebut yang ada di video tersebut adalah orang tua yang sehari-hari ngamen dengan membawa anak bernama U (11 bulan).

Melalui keterangannya, pelaku mengakui dengan membawa U, pendapatannya akan meningkat berkali-kali lipat. "Dalam UU Perlindungan Anak siapapun dilarang melakukan eksploitasi, apalagi orangtuanya sendiri, karena ini bentuk tindakan pidana," katanya, Kamis (15/2/2018).

KPAI meminta agar polisi segera memastikan apakah anak ini mengonsumsi bahan berbahaya seperti zat adiksi atau lainnya. Korban juga harus mendapat pemulihan secara medis.

Terungkap dari hasil ngamen pelaku hanya menghabiskan untuk kebutuhan hidup mereka dan anak-anak. Sejauh ini belum ada unsur memperkaya diri dan pemanfaatan kriminal lainnya.

KPAI akan merujuk korban agar berada di bawah perlindungan Dinas Sosial untuk mendapatkan rehabilitasi dan pemenuhan hak sipil supaya menerima akses kesejahteraan dari pemerintah.

"Harapannya agar Jakarta benar-benar terbebas dari praktik eksploitasi siapapun dia tidak dibenarkan dan dengan alasan apapun, sekalipun untuk menyambung hidup. Inilah pekerjaan panjang kita agar mampu menyampaikan informasi dan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper