Tengah Malam, Anies Sidak Banjir di Cakung

Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota pada Kamis (15/2/2018) membuat sejumlah wilayah terendam banjir, khususnya di Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek kondisi banjir di Cakung, Jakarta Timur, kemarin malam.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 16 Februari 2018  |  07:40 WIB
Tengah Malam, Anies Sidak Banjir di Cakung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) meninjau pintu air Manggarai di Jakarta, Senin (5/2). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota pada Kamis (15/2/2018) membuat sejumlah wilayah terendam banjir, khususnya di Jakarta Timur.

Beberapa kawasan yang dilanda banjir antara lain Kelapa Gading, Jelambar Grogol, Rawa Sari, dan Cakung. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek kondisi banjir di Cakung, Jakarta Timur, kemarin malam.

"Malam ini memeriksa kondisi warga dan situasi di RW 5 Rawa Terate Cakung yang sedang dilanda banjir," tulisnya dalam akun Instagram @aniesbaswedan, Kamis (15/2/2018) malam.

Dalam unggahan tersebut terlihat foto Anies didampingi Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana. Gubernur yang mengenakan seragam Tagana berwarna coklat menyusuri jalan-jalan yang terendam banjir setinggi paha orang dewasa.

Menurutnya, setiap tahun lokasi tersebut rutin dilanda banjir sampai di tembok pinggir jalan sehingga warga memasang mistar untuk mengukur ketinggian air.

"Mistar seperti itu seharusnya ada di pintu air, sungai, atau bendungan. Bukan di pinggir jalan. Ini aneh dan tak bisa dibiarkan," ujar Anies.

Dia memperkirakan banjir di Rawa Terate terjadi lantaran kampung tersebut dikelilingi pabrik-pabrik besar. Untuk itu, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan terkait perizinan dan pola pembuangan limbah.

"Saya akan melakukan inspeksi apakah pabrik-pabrik tersebut mengalirkan air ke kampung atau sudah menaati prinsip zero run off," jelas Anies.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Banjir Jakarta

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top