Ini Dia Penampakan Rumah DP Nol Rupiah di Rorotan

Setelah groundbreaking rumah susun sederhana milik (rusunami) DP nol rupiah di Pondok Kelapa Jakarta Timur, kini Pemprov DKI berencana membangun rumah sejenis di Rorotan Cilincing Jakarta Utara.
Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 27 Februari 2018  |  14:43 WIB
Ini Dia Penampakan Rumah DP Nol Rupiah di Rorotan
Rumah DP nol rupiah di Rorotan Cilincing Jakarta Utara - JIBI/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah groundbreaking rumah susun sederhana milik (rusunami) DP nol rupiah di Pondok Kelapa Jakarta Timur, kini Pemprov DKI berencana membangun rumah sejenis di Rorotan Cilincing Jakarta Utara.

Rumah DP nol rupiah ini merupakan janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

Rumah DP Rp0  tersebut dibangun di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dan menurut rencana pada Rabu (28/2/2018), Anies Baswedan akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan rumah tersebut.

Pada Selasa (27/02/2018), Bisnis melihat lokasi pembangunan rumah DP Rp0 yang sedang dinanti-nantikan tersebut.



Rumah DP Rp 0 tersebut rencananya dbangun sebanyak 100 unit di lahan seluas 1,3 hektare milik PT. Nusa Kirana yang sekaligus menjadi kontraktor proyek pembangunan rumah yang dijanjikan Anies-Sandi.

Lokasi lahan rumah DP Rp0 terletak tepat di belakang SMAN 115, Jalan Malaka IV. Sebagian lahan tersebut merupakan area persawahan. Menurut salah satu penjaga keamaanan di sana, area persawahan tersebut dipinjamkan oleh pihak PT. Nusa Kirana kepada warga karena belum terpakai.

Terlihat di lokasi ini sudah dibangun satu unit rumah berukuran 5×9 meter persegi yang akan dijadikan contoh untuk gambaran desain 100 rumah yang akan dibangun.



Dari luar, rumah tersebut terlihat minimalis. Dicat berwarna krem, terdapat pintu di depan dan di belakang rumah serta terlihat dua jendela di depan rumahnya.

Dilihat dari market yang dipajang di depan rumah, rumah itu memiliki sebuah ruang tamu, dua kamar tidur, dapur dan sebuah kamar mandi.

Adapun ukuran rumah tersebut diprediksi akan memakan tempat seluas 27 m2 dan ukuran yang lainnya, sedangkan tanah per rumah ini seluas 45 m2. Selain itu, rumah tapak ini akan memiliki komposisi berupa dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi.

Kendati demikian, skema DP nol rupiah ini belum memiliki kepastian hukum yang tetap karena pihak Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan belum memberikan lampu hijau. Dengan demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sedang menggenjot skema ini dengan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang diprediksi terbentuk pada April tahun ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Agustino Dharmawan, mengatakan rencana finalisasi skema (DP) nol rupiah masih sesuai lajur (on the track) sehingga diharapkan pada April tahun ini bisa segera selesai.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rumah, rumah

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top