Kulit Kabel di Gorong-gorong Balai Kota, Begini Komentar Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan telah menerima laporan penemuan kulit kabel utilitas di gorong-gorong depan Balai Kota DKI.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 20 Maret 2018  |  17:13 WIB
Kulit Kabel di Gorong-gorong Balai Kota, Begini Komentar Anies
Pekerja membersihkan bekas kulit kabel listrik yang menutup saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan telah menerima laporan penemuan kulit kabel utilitas di gorong-gorong depan Balai Kota DKI.

"Kalau laporan sementara dari Kepala Dinas ini adalah pencurian (kabel yang ditanam di bawah saluran air). Nanti biar double-check lagi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Menurut Anies Baswedan, Pemprov DKI bakal berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya ihwal dugaan pencurian ini. Pemprov telah menugasi tim Dinas Sumber Daya Air membersihkan kulit kabel utilitas dan pencegahan diperlukan agar kejadian serupa tak berulang.

Tim Dinas SDA Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menemukan kulit kabel utilitas di saluran gorong-gorong depan Balai Kota DKI Jakarta.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas SDA Jakarta Pusat Boris Karlop Lumbangaol mengatakan, 12 meter kubik kulit kabel utilitas tersebut ditemukan pada saat tim melakukan pembersihan rutin saluran air dan drainase pada Minggu (17/3/2018) pagi.

Penemuan kulit kabel utilitas di gorong-gorong bukan pertama kali terjadi karena pernah terjadi sejak era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ketika itu, kulit kabel menyumbat gorong-gorong di Jalan Merdeka Selatan sehingga menyebabkan banjir.

Setelah masalah kulit kabel ini, Anies Baswedan berjanji mengajak perusahaan-perusahaan pemilik kabel utilitas untuk menata ulang penanaman kabel di dalam tanah atau saluran air agar tak lagi semrawut.

Perusahaan-perusahaan itu akan bekerja sama dengan Dinas Bina Marga DKI dan Dinas Sumber Daya Air.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies-sandi

Sumber : Tempo

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top