Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jakarta Raih Penghargaan Kota Paling Dicintai Versi WWF

Jakarta meraih penghargaan kota yang paling dicintai oleh warganya pada ajang We Love Cities 2018 dari World Wide Fund for Nature (WWF).
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 19 Juli 2018  |  20:55 WIB
Jakarta Raih Penghargaan Kota Paling Dicintai Versi WWF
DKI Jakarta - Antara/Sigid Kurniawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jakarta meraih penghargaan kota yang paling dicintai oleh warganya pada ajang We Love Cities 2018 dari World Wide Fund for Nature (WWF).

Selain itu, Ibu Kota juga menjadi pemenang One Planet City Challenge (OPCC). Adapun kedua penghargaan ini didapatkan setelah melewati masa kampanye masif pada 7 Mei sampai dengan 30 Juni 2018 lalu. Dengan demikian, Jakarta mengalahkan berbagai kota besar lain di dunia seperti Tokyo, Vancouver, dan Kuala Lumpur.

“Tentu penghargaan ini sungguh membuat bangga seluruh warga kota. Berkat kerja keras dan sinergi seluruh pihak mengantisipasi dampak perubahan iklim yang disampaikan dalam media pelaporan carbonn Climate Registry (cCR), yang kemudian dinilai oleh Panel Juri OPCC sehingga Jakarta dipercaya memegang amanah sebagai One Planet City Challenge dan We Love Cities 2018,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam keterangan resmi, Kamis (19/7/2018).

Dia berharap penilaian ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan bersama sama menjaga kondisi Jakarta agar lebih aman, nyaman, tertib dan bersih.

“Kami optimis dengan kerja keras dan sinergi kita bersama bisa mencapai lebih banyak lagi dalam mewujudkan Jakarta yang adil, maju, dan bahagia. [Adapun caranya] seperti membuka lapangan kerja, menumbuhkan wirausaha, menekan emisi dan polusi, menjaga kualitas air, serta menjaga kualitas lingkungan hidup lebih efektif dengan rasa cinta pada Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Isnawa Adji, menyampaikan salah satu kunci kemenangan Jakarta adalah interaksi di media sosial menggunakan tagar #WeLoveJakarta.

Warga Jakarta berkontribusi untuk memberikan dukungan mereka kepada ajang We Love Cities 2018 melalui voting dan saran-saran perbaikan untuk pembangunan kota.

Tercatat ada sebanyak 164.954 interaksi di media sosial dan sebanyak 4.464 saran untuk menjadikan Ibu Kota lebih baik dari warga Jakarta. "Jakarta menang dengan jumlah dukungan yang telak dibanding kota lainnya. Ini menunjukkan kemampuan Jakarta merangkul warganya untuk memberikan dukungan dalam ajang kampanye internasional ini," ujarnya.

Seperti diketahui, untuk menjadi pemenang We Love Cities, Jakarta harus bersaing dengan sebanyak 50 kota finalis dari 21 negara. Jakarta selaku pemenang kampanye We Love Cities 2018 dan pemenang nasional OPCC akan menerima sertifikat dan pengakuan global pada acara OPCC Global Awards Ceremony dalam rangkaian Global Climate Action Summit di San Francisco, Amerika Serikat pada 12 September 2018 nanti.

Adapun tujuan kampanye ini adalah meningkatkan peran serta warga dalam pembangunan kota berkelanjutan untuk mendukung aksi menghadapi tantangan perubahan iklim.

CEO WWF Indonesia, Rizal Malik, menyampaikan seiring dengan meningkatnya populasi di dunia yang akan berlipat ganda menjadi sebanyak 6 miliar pada 2050 maka untuk mengatasi perubahan iklim tidak dapat hanya dilakukan di tingkat nasional saja. Akan tetapi, membutuhkan partisipasi yang lebih aktif di tingkat perkotaan.

“Tantangan yang kita hadapi dalam memerangi perubahan iklim, menjaga ekosistem dan sumber daya alam tidak mengenal batas. Kota berperan penting dalam menentukan arah pembangunan dunia yang berkelanjutan melalui penggunaan energi terbarukan, dan kota Jakarta adalah contoh inspiratif sebuah kota yang menanggapi tantangan ini dengan serius”, kata Rizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta wwf
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top