Bukan Periode Lebaran, FJGS 2018 Bidik Omzet Rp4 Triliun

Gelaran Festival Jakarta Great Sale 2018 yang pada 12 Agustus-4 September 2018 hanya menargetkan omzet Rp4 triliun. Padahal, kali ini acara tersebut diselenggarakan berbarengan dengan perhelatan Asian Games 2018.
Feni Freycinetia Fitriani | 13 Agustus 2018 08:30 WIB
Ketua Panitia Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018 sekaligus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat (tengah) berfoto bersama dengan panitia FJGS lainnya dalam pembukaan FJGS 2018 di One Belpark Mall, Minggu (12/8). - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA -- Gelaran Festival Jakarta Great Sale 2018 yang pada 12 Agustus-4 September 2018 hanya menargetkan omzet Rp4 triliun. Padahal, kali ini acara tersebut diselenggarakan berbarengan dengan perhelatan Asian Games 2018.

Ketua Panitia Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018 sekaligus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan target penjualan tahun ini lebih kecil dibandingkan periode sebelumnya.

"Kami optimistis penjualan sepanjang penyelenggaraan FJGS tahun ini mencapai Rp4 triliun," ujarnya saat pembukaan FJGS 2018 di One Belpark Mall, Minggu (12/8/2018).

Berdasarkan catatan Bisnis, target omzet FJGS 2017 mencapai Rp16,5 triliun dan realisasi penjualannya sebesar Rp16 triliun.

Target yang minim didasari oleh waktu penyelenggaraan yang lebih singkat dan berbedanya momentum penjualan. Tahun lalu, FJGS diadakan selama enam pekan dan berlangsung pada puncak penjualan para peritel yakni masa Lebaran serta libur sekolah.

Ellen mengungkapkan pihaknya membidik atlet dan wisatawan asing agar mau menghabiskan waktu di Jakarta untuk berbelanja di mal-mal ternama Ibu Kota.

"Kami berharap Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) bisa membawa delegasi atlet, ofisial, serta tamu asing datang ke mal. Kami menawarkan diskon hingga 70% agar bisa menarik minat mereka untuk belanja," jelasnya.

Ellen menambahkan ada beberapa pusat belanja modern yang ditargetkan menjadi tujuan bagi para atlet dan warga negara asing tidak jauh dari arena olah raga, misalnya Senayan City, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall, Gandaria City, dan Kota Kasablanka.

"Ini daftar sementara. Untuk selengkapnya, kami akan koordinasi dengan Inasgoc," ucapnya.

FJGS 2018 diikuti oleh 82 pusat belanja modern atau mal dan lebih dari 2.000 toko yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota. Tahun ini, APPBI bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan mengajak 50 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta dan 10 UKM yang tergabung dalam gerakan OKE-OCE.

Tag : ritel
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top