Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bawaslu Loloskan Bacaleg Eks Koruptor Taufik, KPU DKI Tunggu Putusan MA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menunda untuk menjalankan putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI terkait lolosnya politikus Partai Gerindra Mohamad Taufik yang merupakan mantan narapidana korupsi sebagai bakal calon legislatif.
M Taufik, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta./Antara
M Taufik, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menunda untuk menjalankan putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI terkait lolosnya politikus Partai Gerindra Mohamad Taufik yang merupakan mantan narapidana korupsi sebagai bakal calon legislatif.

Ketua KPU DKI Jakarta Betty Idroos mengatakan, penundaan itu didasarkan pada surat edaran KPU RI Nomor 991 Tahun 2018.

Menurut Betty, KPU DKI masih menunggu keputusan Mahkamah Agung (MA) terhadap uji materi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 yang melarang mantan napi korupsi mencalonkan diri.

"Ada surat edaran KPU RI yang meminta kami menunda pelaksanaan putusan Bawaslu sampai keluar putusan uji materi MA terhadap PKPU 20 Tahun 2018," kata Betty ketika dihubungi pada Senin (3/9/2018).

Meski begitu, Betty mengatakan keputusan itu tidak akan membuat penetapan daftar calon tetap yang dilakukan pada 20 September 2018 menjadi molor.

Saat ini, KPU DKI masih bergantung kepada putusan MA dan arahan dari KPU RI untuk melakukan langkah selanjutnya.

"Kami juga enggak tahu putusan MA apakah sebelum DCT ditetapkan atau bagaimana, kami belum tahu, nanti tergantung KPU RI selanjutnya bagaimana," kata Betty.

Sejauh ini, kata Betty, hanya ada satu bacaleg di DKI Jakarta yang pernah berstatus narapidana kasus korupsi, yakni Taufik.

Bawaslu memenangkan Taufik dalam sengketa pemilu antara dirinya dengan KPU DKI Jakarta. Dalam putusan itu, Bawaslu mengabulkan gugatan dan menyatakan Taufik telah memenuhi syarat untuk maju sebagai calon anggota DPRD DKI Jakarta dalam Pileg 2019.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper