Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Pesisir Tangerang Diminta Waspada Rob

BPBD Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mengingatkan warga di kawasan pesisir akan bahaya banjir akibat air laut pasang (rob).
Ilustrasi banjir rob./Dok. Tim SAR
Ilustrasi banjir rob./Dok. Tim SAR

Bisnis.com, TANGERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mengingatkan warga di kawasan pesisir akan bahaya banjir akibat air laut pasang (rob).

"Setelah mendapatkan info dari BMKG bahwa diperkirakan banjir rob pada 20 Januari 2019, diharapkan warga waspada," kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Agus Suryana di Tangerang pada Selasa (15/1/2019).

Agus mengatakan pada 20 Januari diperkirakan terjadi bulan purnama, maka penduduk yang bermukim di kawasan pesisir untuk selalu siaga.

Dia mengatakan warga di Kecamatan Teluknaga, Kosambi, Kronjo, Tanjung Pasir, Tanjung Kait serta di Kecamatan Sukadiri supaya dapat melakukan antisipasi dini bila terjadi rob.

Petugas BPBD, katanya, siaga sejak 19 Januari pada sejumlah lokasi yang biasanya rawan banjir akibat air Laut Jawa pasang.

Meski banjir rob tidak berbahaya, penduduk diharapkan tidak lengah dan selalu waspada karena air pasang dapat saja menghanjutkan material hingga ke tengah laut.

Upaya yang dilakukan agar warga di kawasan pesisir tidak panik karena biasanya banjir rob hanya terjadi beberapa jam saja, maka perlu antisipasi bila kejadian tengah malam.

Namun, BPBD setempat telah mempersiapkan sejumlah perahu sebagai antisipasi bila memang ada warga yang membutuhkan untuk evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Banjir rob hampir setiap tahun menerjang pesisir Kabupaten Tangerang, terutama di Kecamatan Teluknaga dan Kosambi, perbatasan langsung dengan Jakarta Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper