Ketinggian Air di Katulampa Masih Status Aman

Ketinggian air di Bendung Katulampa masih berstatus Siaga IV atau Aman dengan ketinggian air 30 cm pada Jumat (25/1/2019).
Muhamad Wildan | 25 Januari 2019 13:00 WIB
Suasana di Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Ketinggian air di Bendung Katulampa masih berstatus Siaga IV atau Aman dengan ketinggian air 30 cm pada Jumat (25/1/2019).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, ketinggian air di pintu air DKI Jakarta pun masih terpantau berstatus Siaga IV atau Aman kecuali di Pos Angke Hulu dan Pasar Ikan yang telah berstatus Siaga III atau Waspada.

Ketinggian air di Pos Angke Hulu terpantau meningkat dari ketinggian 115 cm pada pukul 6.00 WIB menjadi 175 cm pada 12.00 WIB, sedangkan ketinggian air di Pasar Ikan 162 cm pada pukul 6.00 WIB meningkat hingga menyentuh titik 190 cm pada pukul 12.00 WIB.

Dengan ekstremnya peningkatan tinggi air di Pos Angke Hulu, BPBD Jakarta memperkirakan dalam waktu kurang lebih 3 jam air akan sampai di wilayah lintasan Kali Angke yaitu Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Kembangan Utara, Kedoya Utara, Duri Kosambi, Kapuk, dan Kedaung Kaliangke.

Dalam rangka antisipasi banjir, BPBD Jakarta pun telah menginformasikan kepada Lurah dan masyarakat yang tinggal di bantaran Kali Angke.

Menurut keterangan Kepala BPBD Jupan Royter, ketinggian air di Pos Angke Hulu diprediksi akan mencapai titik 190 cm pada pukul 13.00 WIB hari ini.

Di lain pihak, Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan pun juga meminta kepada masyarakat untuk mengantisipasi banjir di wilayah-wilayah yang normalisasi sungainya belum mencapai 100% dan sering terjadi banjir.

Wilayah-wilayah yang dimaksud adalah Kali ciliwung segmen Kramat Jati, Kali Sunter di Cipinang Melayu, dan kawasan-kawasan di Jakarta Selatan seperti Kalibata, Jati Kramat, dan Kompleks IKPN.

Namun, di satu sisi Teguh optimis banjir di DKI Jakarta bisa dikendalikan.

"Kami upayakan pengurasan, pengurukan, dan pembangunan turap batu kali di wilayah rawan longsor sudah kita jalankan dan terus berlanjut. Jakarta untuk sekarang masih terkendali dan yang jelas Jakarta tiap tahun lebih baik penanganan banjirnya," kata Teguh pada Jumat (25/1/2019).

Tag : katulampa, jakarta banjir
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top