Proyek LRT Dituding Penyebab Banjir, Jakpro Bakal Perbaiki Jalan dan Saluran Air di Kelapa Gading

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan pihaknya bakal memperbaiki saluran air yang berada di sekitar proyek di Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Feni Freycinetia Fitriani | 01 Februari 2019 16:01 WIB
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Light Rail Transit ( LRT) di Jakarta, Senin (14/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan pihaknya bakal memperbaiki saluran air yang berada di sekitar proyek di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hal itu dilakukan setelah adanya kritik dari Dinas Sumber Daya Air DKI yang menyebutkan bahwa proyek LRT menjadi biang keladi banjir di lokasi tersebut.

"Memang kami komitmen memperbaiki jalan dan saluran. Sekarang kalau dilihat masih ada orang yang ngaspal sampai malam. Semua akan diperbaiki, terutama di area stasiun [LRT fase I]," kata Iwan ketika dikonfirmasi, Jumat (1/2/2019).

Meski demikian, dia merasa tudingan pemerintah langsung kepada Jakpro tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, sebelum ada proyek LRT, kawasan Kelapa Gading sudah sering kebanjiran.

Iwan memastikan akan memperbaiki kondisi di lapangan bukan hanya seperti semula melainkan justru lebih baik. Saat ini, Jakpro sedang mengerjakan perbaikan aspal dan jalan di area dekat Stasiun Boulevard Kelapa Gading.

"Perlu diingat Kelapa Gading itu kan rawan genangan seperti itu. Namun, kami pasti balikin seperti semula. Perbaikan saluran itu yang pertama kali dilakukan," imbuhnya.

Iwan menuturkan justru proyek yang memperparah banjir di Kepala Gading, yaitu enam ruas jalan tol. Menurutnya, pihak kontraktor pembanguan ruas tol dalam kota tersebut justru belum memulai pembangunan infrastruktur di lapangan.

"Itu kan yang sekarang, saat ini kalau kita lihat existing di lapangan mereka yang masih obok-obok tanah," ucap Iwan.

Tag : jakpro, lrt jabodebek
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top