Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Kampung Bebas Rokok di Sunter Jaya. Hasil Inisiatif Warga, bukan Program Pemerintah

Pemprov DKI Jakarta apresiasi keberadaan kampung bebas asap rokok atau Kampung Berseri yang terletak di RT 13 RW 01 di Sunter Jaya, Jakarta Utara.
Dilarang merokok. /bisnis.com
Dilarang merokok. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA–Pemprov DKI Jakarta apresiasi keberadaan kampung bebas asap rokok atau Kampung Berseri yang terletak di RT 13 RW 01 di Sunter Jaya, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Isnawa Adji mengatakan keberadaan Kampung Berseri tersebut diinisiasi oleh masyarakat kampung itu sendiri.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau pun juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh masyarakat tersebut dan berjanji akan mengembangkan kebijakan tersebut ke kampung-kampung lain.

"Mau kita kembangkan itu, itu kan positif. Itu kalau seumpamanya begitu ya harus dikembangkan," tutur Syamsudin, Rabu (13/2/2019).

Isnawa berharap inisiatif dari warga Kampung Berseri tersebut bisa diikuti oleh kampung-kampung lain meskipun asap rokok tidak berpengaruh signifikan pada polusi udara di DKI Jakarta.

"Peraturan itu sangat bagus, di kampung-kampung itu pasti banyak anak-anak kecil atau ibu hamil yang jika ada perokok itu berbahaya. Artinya kualitas kesehatan di situ bisa lebih membaik," tutur Isnawa, Rabu (13/1/2019).

Saat ini Pemprov DKI Jakarta juga menerapkan aturan bebas merokok di tempat-tempat umum.

Isnawa mengatakan aturan ini nantinya bakal dikembangkan ke pemukiman warga sebagaimana yang diterapkan di Kampung Berseri. 

Adapun sejak aturan ini diberlakukan di Kampung Berseri, perokok aktif di wilayah ini berkurang drastis hingga 35% saja dari total warga Kampung Berseri yang mencapai 500 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper