Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anies Siapkan Pergub Pembangunan Berbasis Swakelola

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menerbitkan dasar hukum terkait pelaksanaan program pembangunan swakelola oleh kelompok masyarakat.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 13 Februari 2019  |  21:09 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - JIBI/Regi Yanuar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - JIBI/Regi Yanuar

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menerbitkan dasar hukum terkait pelaksanaan program pembangunan swakelola oleh kelompok masyarakat.

Beleid tersebut menjadi aturan lanjutan dari Peraturan Presiden No 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Nanti akan ada Pergub yang mengatur detailnya [swakelola] dan sekarang masih dalam proses. Target kami lebih banyak dana yang dikelola masyarakat supaya APBD bisa ikut menggerakkan perekonomian," katanya di Balai Kota DKI, Rabu (13/2/2019).

Dia menegaskan pemberian dana swakelola berbeda dengan hibah. Tidak ada istilah penerima bantuan, justru warga atau kelompok masyarakat ditetapkan sebagai pelaksana proyek.

Salah satu kriteria yang akan dibuat, lanjut Anies, pelaksana akan menjalankan kewajiban untuk memenuhi target-target yang ditetapkan oleh Pemprov DKI. Dia menggambarkan jika sebelumnya proyek-proyek pembangunan dikerjakan oleh pemerintah atau swasta, maka saat ini akan ada unsur organisasi atau kemasyarakatan.

Ada empat tipe swakelola yang diatur dalam Perpres 16/2018. Anies menggarisbawahi akan fokus pada tipe IV, yaitu swakelola yang direncanakan oleh kementerian/lembaga/perangkat daerah penanggungjawab anggaran dan/atau berdasarkan usulan kelompok masyarakat, dan dilaksanakan serta diawasi oleh kelompok masyarakat pelaksana swakelola.

"Contohnya, kita ingin membangun pengerasan jalan di kampung. Anggarannya tetap sama, cuma yang satu dikerjakan organisasi kemasyarakatan. Satu lagi dibangun oleh penyedia jasa swasta. Standarnya harus sama ditetapkan oleh pemerintah," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anies baswedan pergub
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top