Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Diprediksi Raup 2 dari 6 Kursi DPR dari Dapil I DKI Jakarta

Daerah Pemilihan DKI Jakarta I diyakini bakal menjadi medan pertarungan sengit antara para calon legislatif dalam Pemilu 2019.Direktuf Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Andri Gunawan menjelaskan bahwa daerah pemilihan tersebut bercokol banyak elit partai seperti Habibburokhman dari Gerindra dan Putra Nababan dari PDIP serta Mardani Ali Sera dari PKS.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,JAKARTA - PDIP diperkirakan meraih dua dari enam kursi DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) I DKI Jakarta.

Daerah Pemilihan I DKI Jakarta diyakini bakal menjadi medan pertarungan sengit antara para calon legislatif dalam Pemilu 2019.

Direktuf Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Andri Gunawan menjelaskan bahwa daerah pemilihan tersebut bercokol banyak elit partai seperti Habibburokhman dari Gerindra, Putra Nababan dari PDIP, dan Mardani Ali Sera dari PKS.

Lembaga itu, lanjutnya, telah melakukan survei sepanjang 22 Januari- 8 Februari 2019 dan menggunakan metode simulasi surat suara. Survei ini, lanjutnya bertujuan untuk memotret caleg mana yang berpotensi maju ke Senayan. Berdasarkan survei tersebut, dari 6 jatah kursi dari dapil tersebut, PDIP diperkirakan akan meraup 2 kursi.

Yang menarik, nama Sondang Tiur Debora Tampubolon memperoleh tingkat keterpilihan sebanyak 7,7%, lebih tinggi dari Putra Nababan yang hanya memperoleh tingkat keterpilihan sebanyak 2,9%. Padahal, Putra Nababan relatif lebih dikenal publik sebagai mantan jurnalis televisi nasional. Jika tren ini dipertahankan, Sondang bisa melaju ke Senayan,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Sabtu (16/2/2019). 

Nampaknya, lanjut dia, kerja-kerja sosialisasi secara tepat yang dilakukan oleh para caleg mendorong calon pemilih untuk memilih caleg tersebut pada Pemilu mendatang.

Di luar Sondang, beberapa pentolan partai yang sering tampil di layar kaca juga dianggap tidak memiliki kans yang besar untuk terpilih sebagai anggota DPR seperti Habibburojhman dengan perolehan 19,2%, Achmad Fauzan 9,2%, dan Bambang Wiyogo 8,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper