Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI-MacroAd Kerja Sama Sediakan WiFi Gratis di Stasiun

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan MacroAd dalam menyediakan WiFi gratis di peron stasiun kereta api Jabodetabek.
Rangkaian KRL Commuter Line melintas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (2/1/2019)./ANTARA-Muhammad Iqbal
Rangkaian KRL Commuter Line melintas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (2/1/2019)./ANTARA-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan MacroAd dalam  menyediakan wifi gratis di peron stasiun kereta api Jabodetabek.

Per 10 Maret 2019, wifi gratis akan terpasang di 46 stasiun yang ada di DKI Jakarta dan disusul dengan 37 stasiun lain yang terletak di seantero Jabodetabek pada akhir Maret 2019.

Untuk menggunakan layanan wifi gratis tersebut, pengguna kereta api perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dan dapat menggunakan wifi gratis selama 30 menit.
 
MacroAd telah mengembangkan teknologi wifi tersebut sejak tahun 2017 dengan melakukan uji coba di lima stasiun yaitu Stasiun Tanah Abang, Juanda, Cikini, Sudirman, Universitas Indonesia, dan Bogor.
 
"Kerja sama antara PT KAI dan MacroAd dalam hal pemasangan wifi MacroAd merupakan bentuk kepedulian sekaligus partisipasi dalam mengembangkan ekosistem digital yang mencerdaskan publik pengguna trasportasi massal," kata Direktur Operasional MacroAd Rudi Chandra, Rabu (27/2/2019).

Ke depan MacroAd juga akan menyediakan wifi gratis di kereta api jarak jauh, KRL, dan stasiun-stasiun kereta api di luar Jabodetabek.

Fase pertama MacroAd akan menyediakan wifi gratis di KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung PP), dilanjutkan dengan pemasangan wifi gratis di stasiun-stasiun yang dilewati oleh KA Argo Parahyangan.

Selanjutnya, penyediaan wifi gratis akan dilanjutkn di 40 rangkaian KRL dan stasiun-stasiun kereta api jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya.

"Dengan adanya wifi gratis di stasiun dan di kereta api ke depannya, penumpang akan lebih nyaman saat menunggu kedatangan kereta atau selama dalam perjalanan," kata Direktur Komersial KAI Dody Budiawan.

Wifi gratis yang disediakan MacroAd ini pun nantinya akan terintegrasi dengan mitra MacroAd lain yaitu PT Railink dan Perumda Pasar Jaya.

MacroAd sebelumnya telah bekerja sama dengan Perumda Pasar Jaya untuk penyediaan digital totem, video wall, dan wifi gratis di 13 pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya dengan Pasar Mayestik sebagai pasar pertama yang mendapatkan fasilitas tersebut.

Mengantisipasi lonjakan pegguna wifi di stasiun-stasiun yang padat, Rudi menerangkan pihaknya akan menyesuaikan kecepatan internet dengan kepadatan stasiun dan berkomitmen untuk menjaga kecepatan internet hingga 3 Mbps per pengguna.

"Dengan kecepatan itu sudah cukup untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang untuk menggunakan wifi," kata Rudi.
 
Selain menyediakan layanan wifi gratis, jaringan internet yang disediakan MacroAd juga berfungsi sebagai suatu ekosistem yang digunakan untuk mengontrol video wall yang terdapat di KRL.

Melalui ekosistem tersebut PT KCI bisa menginput informasi langsung melalui ekosistem yang disediakan MacroAd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper