Rekapitulasi Suara : Rapat Pleno di DKI Digelar 9 Hingga 13 Mei

Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta berlangsung paralel terkait rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten dan kota.
Newswire | 08 Mei 2019 14:45 WIB
Ilustrasi-Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan di GOR Kelapa Gading, Jakarta, Senin (22/4/2019). Berdasarkan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU hingga 22 April 2019 pukul 09.00 WIB, real count telah menjangkau 115.409 TPS dari 813.350 TPS (14,19 persen). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Rapat pleno penetapan hasil pemungutan suara Pemilu 2019 di wilayah DKI Jakarta dijadwalkan berlangsung dari tanggal 9 hingga 13 Mei 2019.

Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta berlangsung paralel terkait rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten dan kota.

"Rapat pleno paralel untuk kotak yang [lebih] dahulu datang, Kepulauan Seribu, lalu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan terakhir Jakarta Timur," kata Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos saat ditemui di kantornya, Rabu (8/5/2019).

Betty mengungkapkan lamanya waktu rapat pleno rekapitulasi itu lantaran terkendala administrasi dan teknis penghitungan suara tingkat kecamatan.

"Pleno terakhir tanggal 13 Mei 2019. Kami menunggu rekapituasi dari Jakarta Timur yang agak lama," ujar Betty.

Betty menjelaskan seluruh kecamatan di Kepulauan Seribu dan Jakarta Pusat telah menyelesaikan penghitungan suara. Adapun Jakarta Barat hanya menyisakan satu kecamatan, Jakarta Selatan juga satu kecamatan dan Jakarta Utara ada empat kecamatan.

"Untuk Jakarta Timur masih banyak kecamatan yang belum selesai karena banyaknya jumlah TPS dan pemilih di sana," ujarnya.

Proses pleno rekapitulasi akan menghitung hasil perolehan suara pilpres, DPD RI, DPR RI dan DPRD DKI Jakarta.

"Saya lihat laporan dari teman-teman KPU kabupaten/kota realisasi input data saat ini sudah mencapai 78 persen," katanya.

Betty berharap agar pelaksanaan penghitungan suara dan rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2019 bisa berjalan aman dan lancar sehingga tahapan pesta demokrasi di DKI Jakarta bisa diselesaikan dengan baik.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpu, penghitungan suara

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup