Bundaran HI Ditutup Karena Demo, Sejumlah Rute Transjakarta Terhambat

Beberapa rute bus Transjakarta terhambat karena adanya penutupan jalan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.
Newswire | 10 Mei 2019 16:13 WIB
Suasana jalan di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jl. MH Thamrin No.14 yang berseberangan dengan Gedung Sarinah, pasca aksi Gerakan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak) membubarkan diri Jumat sore 10 Mei 2019. - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa rute bus Transjakarta terhambat karena adanya penutupan jalan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, lantaran adanya aksi mengawal pelaporan kecurangan Pemilu 2019, di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jakarta Pusat, Jumat.

Bus Transjakarta dari Jalan Sudirman menuju arah Monas, Harmoni, hingga Jakarta Kota, terakhir beroperasi pada pukul 14.40. Sebaliknya, bus Transjakarta arah Kuningan, Ragunan, hingga Blok M masih tersedia tetapi penumpang harus menunggu sedikit lebih lama.

"Karena jalan di HI sudah ditutup, sehingga bus yang jalan ke arah Kota sudah tidak ada. Kalau ke Blok M, Kuningan, masih ada tapi harus menunggu karena jalannya memutar," jelas Achmad, petugas Transjakarta di Halte Busway Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).

Achmad menambahkan, busway akan kembali beroperasi hari ini sesaat setelah aksi tersebut selesai dan jalan utama Bundaran HI telah dibuka kembali.

Sementara itu, jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menghubungkan Kantor Bawaslu, Halte Sarinah, dan Mall Sarinah, dipadati peserta aksi dan membuat calon penumpang busway kesusahan untuk menyeberang.

"Susah juga buat sampai ke sini (halte). Pas sampai sini malah busnya sudah tidak ada," keluh Dina yang harus pergi menuju Halte Jakarta Kota.

Massa yang ke Bawaslu ini terdiri dari sejumlah ormas yang menuntut untuk menindak kecurangan yang menurut mereka terjadi pada penghitungan suara Pemilu 2019.

Ormas-ormas tersebut datang berombongan dengan membawa atribut masing-masing, seperti Forum Pembela Islam (FPI) dan Laskar Pembela Islam (LPI).

Sementara itu, aparat keamanan berjaga-jaga di sekitar kantor Bawaslu. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperketat pengamanan di kawasan sekitar dengan memasang barikade kawat berduri di sepanjang trotoar gedung Bawaslu menghadap JL MH Thamrin.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transjakarta, bawaslu, Bundaran HI

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup