Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budi Daya Tanaman Berbasis Teknologi, Bank DKI Dukung Program Balkot Farm

Bank DKI mendukung program Budidaya Tanaman Balkot Farm yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Balkot Farm/IG Balkotfarm.jakarta.go.id
Balkot Farm/IG Balkotfarm.jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DKI mendukung program Budidaya Tanaman Balkot Farm yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Balkot Farm merupakan proyek percontohan (pilot project) Urban Farming 4.0 yang dimulai di lingkungan Balaikota DKI dengan melibatkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) serta Biro Umum Setda Provinsi DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan pihaknya memberi apresiasi kepada enam pelaku pertanian terbaik masing-masing sebesar Rp2,5 juta.

”Kami mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan hasil pertanian yang terintegrasi dengan IoT [Internet Of Things]," ujarnya, Senin (5/8/2019).

Kepala Dinas Kominfotik DKI, Atika Nurahmania menyampaikan Balkot Farm dapat menjadi percontohan urban farming mulai dari tanaman-tanaman sederhana seperti sayuran, obat-obatan dan bunga hias.

Gerakan urban farming nantinya akan disebarluaskan di seluruh Jakarta dengan kerja sama Karang Taruna, tim penggerak PKK dan tim Pelopor Petani Kota.

Sebelumnya peresmian program Balkot Farm tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah serta disaksikan oleh Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini di Balaikota, Jumat (2/8/2019).

Balkot Farm dibentuk untuk membantu program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencapai Design Besar Pertanian Perkotaan 2018-2030 serta realisasi Instruksi Gubernur DKI No 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan.

"Konsep urban farming 4.0 yang dikembangkan Balkot Farm ini bertujuan untuk memudahkan para petani kota mengembangkan dan memaksimalkan hasil pertanian mereka dengan memanfaatkan IoT sebagai sarana penunjang pertanian," ucap Atika.

Balkot Farm sendiri akan menjadi percontohan dari budi daya tanaman perkotaan berbasis teknologi karena memuat papan informasi dengan QR Code khusus. QR Code tersebut nantinya akan terhubung dengan situs http://balkotfarm.jakarta.go.id/ yang menjelaskan jenis tanaman serta khasiatnya bagi kesehatan.

Balkot Farm juga menjadi integrator bagi para pegiat petani kota di DKI dalam kegiatan urban farming melalui share info berbasis mapping. Mereka bisa saling review bertukar pengalaman.

"Kedepannya, kami akan membuat aplikasi untuk deteksi daun yang berguna untuk edukasi pengenalan jenis tanaman," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper