Sekretaris Dewan DKI Ganti Pin Emas Anggota PSI dengan Kuningan

Sekretaris Dewan DKI Jakarta Yuliadi mengatakan pihaknya tak akan menyerahkan pin emas untuk anggota dewan dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  15:25 WIB
Sekretaris Dewan DKI Ganti Pin Emas Anggota PSI dengan Kuningan
Pelantikan 106 Anggota DPRD DKI Periode 2019-2024, Senin (26/8/2019). - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA--Sekretaris Dewan DKI Jakarta Yuliadi mengatakan pihaknya tak akan menyerahkan pin emas untuk anggota dewan dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Selanjutnya, pin emas untuk delapan anggota dewan PSI DKI Jakarta akan disimpan sebagai aset pemerintah.

"Mereka [anggota PSI] tidak kami kasih pin emas karena berdasarkan surat pernyataan yang mereka buat kepada kami. Jadi pin emas tersebut kami simpan sebagai cadangan bilamana ada anggota yang PAW [pergantian alih waktu]," kata Yuliadi di Balai Kota DKI, Selasa (27/8/2019).

Sebagai pengganti, Yuliadi menuturkan pihaknya akan menyerahkan pin serupa yang terbuat dari bahan kuningan.

Lebih lanjut, pin emas tersebut juga akan diserahkan kepada anggota baru dari masing-masing fraksi secara bertahap.

"[Pin emas dibagikan] kalau mereka ada saja. Intinya kami stand by di kantor. Pas mereka datang atau ada di ruangan bisa langsung dikasih," ucap Yuliadi.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI Idris Ahmad menegaskan seluruh anggota PSI yang sudah dilantik menolak pemberian pin emas. PSI juga telah mengirimkan surat resmi atas penolakan tersebut kepada Sekwan DPRD DKI.

"Jadi, pada prinsipnya kami akan mengembalikan [pin emas]. Terkait mekanisme dan kapan [waktunya], nanti kami koordinasi lagi dengan Sekwan," ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Plafon Prioritas Sementara (KUPA-PPAS) 2019 beberapa hari lalu.

Di dalam dokumen KUPA PPAS tercantum anggaran pengadaan pin untuk anggota DPRD DKI total senilai Rp1,3 miliar.

Berdasarkan situs apbd.jakarta.go.id, anggaran pin emas anggota dewan masuk dalam anggaran Sekretariat DPRD dan masuk dalam kegiatan Pengadaan Pakaian Dinas dan Atributnya. Adapun, anggaran tersebut masuk ke dalam nomenklatur Pin Emas Anggota DPRD DKI.

Lebih lanjut, ada dua jenis Pin Anggota DPRD yang dianggarkan, yaitu emas seberat 5 gram untuk 132 orang senilai Rp552,7 juta dan emas seberat 7 gram untuk 133 orang total Rp779,6.

Nilai tersebut dihitung dengan asumsi harga emas Rp761.300/gram. Nilai PPN untuk masing-masing kategori dipatok Rp50,2 juta dan Rp70,8 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dprd dki

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top