Sampah di Kali Bahagia Sudah Diangkat

PJT II juga sudah merencanakan secara bersama-sama melakukan pembersihan Kali Bahagia.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 04 September 2019  |  11:24 WIB
Sampah di Kali Bahagia Sudah Diangkat
Satu unit alat berat membersihkan sampah plastik yang menutupi Kali Bahagia atau Kali Busa, di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten, Bekasi, Kamis (1/8/2019). Sebanyak tiga ton dari total 400 ton tumpukan sampah telah diangkut dan selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) Burangkeng, Setu. - Antara/Suwandy

Bisnis.com, DEPOK — Perum Jasa Tirta II dengan pihak terkait sudah menyelesaikan pembersihan Kali Bahagia yang sebelumnya dipenuhi tumpukan sampah hingga ratusan ton.

Direktur Utama Perum Jasa Tirta II (PJT II) U. Saefudin Noer mengatakan bahwa saat ini aliran sungai Kali Bahagia yang masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai Jatiluhur melalui Sungai Citarum sudah lebih bagus daripada kondisinya beberapa waktu yang lalu.

"Sudah dibersihkan dengan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah, masyarakat, dan teman-teman dari BBWS [Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane), jadi bisa dilihat sudah lebih bersih," ujarnya di Depok, Selasa (3/9/2019).

Pria yang akrab disapa Uu ini menilai bahwa sampah memang selalu datang dan pergi. Yang penting, katanya, ada kesadaran bersama bahwa tidak boleh membuang sampah sembarangan. “Ada kesadaran bersama bahwa wilayah sungai harus dipelihara, kebersihan dan tidak boleh lagi terlalu banyak wilayah sungai yang dihuni tidak sesuai aturan.”

Uu menjelaskan bahwa untuk pembersihan Kali Bahagia ini, terdapat pembagian tugas dan fungsi dengan BBWS Ciliwung Cisadane yang mana pihaknya selalu dan aktif berkoordinasi. PJT II juga sudah merencanakan secara bersama-sama melakukan pembersihan kali tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sampah, sungai citarum, perum jasa tirta ii

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top