Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Setiap Hari Rabu, Pegawai Dishub DKI Wajib pakai Kendaraan Umum

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan bahwa upaya konkret memperbaiki kualitas udara Ibu Kota mesti dilakukan oleh semua pihak, tak terkecuali di lingkungan pemerintahan.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 04 September 2019  |  09:50 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo - Bisnis/Aziz R
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo - Bisnis/Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan bahwa upaya konkret memperbaiki kualitas udara Ibu Kota mesti dilakukan oleh semua pihak, tak terkecuali di lingkungan pemerintahan.

Oleh sebab itu, demi memberikan contoh nyata penerapan Instruksi Gubernur No 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Syafrin memberlakukan aturan internal kepada jajaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta agar menggunakan angkutan umum setiap hari Rabu mulai pagi ini.

Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta wajib naik kendaraan umum dari rumah ke tempat kerja, begitu pula sepulang dari bekerja.

"Harapannya, nanti lama-kelamaan menjadi kebiasaan untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan naik angkutan umum," ungkap Syafrin, Selasa (3/9/2019).

Menurut Syafrin, anjuran agar figur publik atau petinggi suatu organisasi efektif dan penting sebagai awalan agar segenap masyarakat semakin yakin untuk meninggalkan kendaraan pribadi di rumah.

Hal ini merupakan tujuan akhir dari segala kebijakan besutan pihak otoritas terkait transportasi. Misalnya ganjil-genap, pelebaran trotoar, peningkatan akses pejalan kaki, congestion pricing, peningkatan tarif parkir, kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan electronic traffic law enforcement (E-TLE).

"Tujuannya sebelum saya ajak masyarakat, saya perbaiki dulu diri saya untuk jadi contohnya, dan anggota yang tidak gunakan angkutan umum akan ada punishment. Supaya masyarkat melihat, pemprov bukan hanya memerintah tapi juga melaksanakan dari dalamnya," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polusi udara
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top