Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MRT Jakarta Atasi Gangguan PLN dengan Generator Mandiri dan Audit Teknologi

PT MRT Jakarta telah mempersiapkan mitigasi terhadap kemungkinan gangguan pasokan listrik dari PLN.
Penumpang turun dari kereta MRT saat dievakuasi di Jakarta, Minggu (4/8/2019). Gangguan listrik yang melanda Ibu Kota berdampak pada terhentinya operasi MRT Jakarta. /Antara
Penumpang turun dari kereta MRT saat dievakuasi di Jakarta, Minggu (4/8/2019). Gangguan listrik yang melanda Ibu Kota berdampak pada terhentinya operasi MRT Jakarta. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — PT MRT Jakarta telah mempersiapkan mitigasi terhadap kemungkinan gangguan pasokan listrik dari PLN.

Seperti diketahui, pada Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 05:10 WIB, gangguan pasokan listrik sempat melanda 11 stasiun MRT Jakarta.

Di antaranya Stasiun Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok A, Blok M BCA, Senayan, Istora Mandiri, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.

Dampak dari gangguan pasokan ini hanya menyebabkan padamnya arus listrik di stasiun, seperti untuk penerangan, pendingin ruangan, dan alat transaksi. Sementara listrik untuk jalannya kereta MRT masih beroperasi normal sehingga tidak diperlukan evakuasi penumpang.

Saat kejadian berlangsung, sempat dilakukan penutupan stasiun selama 45 menit untuk dilakukannya proses restart sistem akibat perpindahan sumber listrik untuk operasi stasiun ke tenaga cadangan.

Kepala Divisi Corporate Secretary MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengungkap bahwa untuk mengetahui penyebab dari gangguan pasokan listrik tersebut, PT MRT Jakarta beserta pihak terkait termasuk PLN telah melakukan investigasi lengkap dan menyeluruh, termasuk perbaikan SOP petugas operasi dan pemeliharaan.

"Berdasarkan hasil investigasi awal, ditemukan bahwa terjadi kerdipan untuk sumber listrik yang berasal dari line 2 (CSW). Berdasarkan keterangan dari PLN, kondisi kerdipan untuk listrik 150 kV belum diatur dalam regulasi dan bersifat uncontrollable," ungkap Kamal dalam keterangan resminya, Rabu (18/9/2019).

Namun demikian, kerdipan listrik tersebut tidak berdampak pada pasokan listrik untuk operasi Ratangga, sehingga jalannya kereta tetap normal.

Oleh sebab itu, kini MRT Jakarta telah melakukan pemutakhiran Standard Operating Procedure (SOP), khususnya untuk penanganan perpindahan jalur sumber listrik antar line dan perpindahan ke generator sebagai backup untuk menjamin pasokan kelistrikan yang seamless atau tidak terputus.

"Selain pemutakhiran SOP, juga dilakukan upaya peningkatan kemampuan SDM Operasi dan Pemeliharaan dalam penanganan gangguan pasokan listrik sehingga diharapkan dapat mempercepat respon terhadap kejadian gangguan operasional, baik dalam bentuk serupa maupun bentuk gangguan lainnya," tambahnya.

Menurut Kamal, kerdipan listrik ini mampu mempengaruhi sistem teknologi yang rentan, seperti mesin pembaca kartu transaksi atau Automatic Fare Collection (AFC). Oleh sebab itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan melakukan audit terhadap komponen-komponen yang rentan terhadap gangguan listrik agar tak terjadi off system yang terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper