Polusi Udara Jakarta : Polisi dan Pemprov DKI Akan Selidiki Pabrik Peleburan Aluminium

Pemerintah DKI Jakarta bersama aparat Kepolisian akan menyelidiki sejumlah pabrik peleburan aluminium yang diduga menyebabkan polusi udara. Pabrik tersebut diduga melanggar aturan dalam menjalankan operasinya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 September 2019  |  18:15 WIB
Polusi Udara Jakarta : Polisi dan Pemprov DKI Akan Selidiki Pabrik Peleburan Aluminium
Ilustrasi polusi udara menutupi langit Jakarta yang seharusnya terlihat cerah berawan namun tampak seperti berawan, Kamis (12/9/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah DKI Jakarta bersama aparat Kepolisian akan menyelidiki sejumlah pabrik peleburan aluminium yang diduga menyebabkan polusi udara. Pabrik tersebut diduga melanggar aturan dalam menjalankan operasinya.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Lingkungan hidup Jakarta Utara untuk menyelidiki pabrik tersebut.

Dia menyebut pihaknya sudah mendapatkan data adanya pencemaran yang melebihi baku mutu. Data dimaksud merupakan hasil pemeriksaan Suku Dinas Lingkungan Hidup pada 2017.

Hingga kini Kepolisian masih menunggu data terbaru yang akan digunakan sebagai bukti tambahan proses penyidikan. Budhi menegaskan satu pemilik dan empat karyawan masih menjalani pemeriksaan dan berstatus saksi.

"Tinggal penentuan tersangkanya, kami membutuhkan alat bukti yang lain dan butuh keterangan yang lainnya," kata Budhi di Polda Metro Jaya, Kamis (19/9/2019).

Sebelum menyegel pabrik tersebut, Pemprov DKI telah memberikan peringatan hingga tiga kali kepada pemilik pabrik peleburan tersebut. Akan tetapi peringatan tersebut diabaikan. 

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pemerintah telah menyegel empat pabrik peleburan aluminium di kawasan Cilincing Jakarta Utara. Langkah ini dilakukan setelah keempat pabrik terindikasi mencemari lingkungan dan polusi udara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cuaca jakarta, polusi jakarta

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top