PDIP Kembali Tunjuk Prasetio Edi jadi Ketua DPRD DKI

Setelah menanti cukup lama, PDI Perjuangan akhirnya menetapkan Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD DKI untuk periode 2019-2024.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  20:10 WIB
PDIP Kembali Tunjuk Prasetio Edi jadi Ketua DPRD DKI
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Setelah menanti cukup lama, PDI Perjuangan akhirnya menetapkan Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD DKI untuk periode 2019-2024.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan penunjukkan Prasetio telah disepakati oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

"Iya betul [Prasetio kembali jadi Ketua DPRD DKI]. Dokumenya akan dikirim hari ini ke Sekretaris Dewan," katanya ketika dikonfirmasi, Rabu (2/10/2019).

Berdasarkan data PDIP, surat penugasan Prasetio Edi tercatat pada Surat Resmi dengan Nomor 737/IN/DPP/X/2019 perihal Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD DKI Jakarta.

Surat tersebut diteken oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristianto di Jakarta pada Selasa (1/10/2019).

Gembong menuturkan isi surat tersebut akan diumumkan pada saat sidang paripurna DKI Jakarta dalam waktu dekat. Meski demikian, dia tidak bisa membeberkan secara detail alasan PDIP menugaskan Prasetio memimpin DPRD DKI untuk periode kedua.

"Kalau pertimbangan itu kewenangan di pusat. DPP sudah memutuskkan jadi kader harus tunduk pada putusan tersebut. DPP tidak hanya mengurus Jakarta, tetapi nasional. Kemarin sempat terlambat mungkin memang ada alasannya," ujarnya.

Seperti diketahui, Prasetio Edi Marsudi sudah menjadi pimpinan DPRD DKI periode 2014-2019. PDIP kembali bertengger di kursi tertinggi setelah sukses memperoleh 25 kursi pada Pileg 2019. Jumlah tersebut turun dibandingkan periode sebelumnya dengan 28 kursi.

Posisi kedua ditempati Partai Gerindra dengan perolehan 19 kursi, meningkat 4 kursi dibanding periode 2014-2019 sebanyak 15 kursi. Sementara itu, posisi ketiga diduduki oleh Partai Keadilan Sejahtera dengan jumlah 16 kursi atau naik dari periode sebelumnya, 11 kursi.

Lebih lanjut, politisi yang menempati posisi Wakil Ketua DPRD DKI periode 2019-2014 antara lain Mohammad Taufik (Partai Gerindra), Abdurrahman Suhaimi (PKS), dan Zita Anjani (PAN). Partai Demokrat belum memutuskan nama pimpinan hingga saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip, dprd dki

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top