Antisipasi Musim Hujan, 134 Alat Berat Disiagakan di Pintu Air

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan satuan tugas (satgas) untuk berjaga di pintu air jelang dimulainya periode musim hujan di Jakarta dan sekitarnya.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 14 Oktober 2019  |  14:48 WIB
Antisipasi Musim Hujan, 134 Alat Berat Disiagakan di Pintu Air
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) meninjau pintu air Manggarai di Jakarta, Senin (5/2). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan satuan tugas (satgas) untuk berjaga di pintu air jelang dimulainya periode musim hujan di Jakarta dan sekitarnya.

Dia menuturkan saat ini sudah ada Unit Pengelola Teknis (UPK) Badan Air Kota dan Suku Dinas (Sudin) yang siap bertugas menghadapi banjir.

"Tanggal 9 September lalu kan sudah apel. Tim terdiri dari semua personel UPK Badan totalnya sampai 4.000 orang," katanya, Senin (14/11/2019).

Selain petugas, Andono mengatakan UPK Badan Air juga menyiapkan 134 alat berat dan 131 truk pengangkut untuk membawa sampah yang mungkin terbawa arus ketika hujan besar.

Dinas Kebersihan DKI juga telah mengoperasikan 27 saringan di pintu air agar sampah-sampah tidak menyebar ke wilayah lain.

Menurutnya, jika tidak hujan, setidaknya petugas UPK Badan Air mengangkut sampah yang memenuhi 1/2 truk tipe besar.

"Kalau ketika hujan besar 9 Oktober kemarin itu bisa sampai 300 truk. Luar biasa dalam sehari itu. Kami kerja sama dengan BPBD dan BMKG untuk pantau cuaca. Jika ada pemberitahuan curah hujan tinggi di hulu, kita siapkan petugas di lapangan," ucap Andono.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Banjir Jakarta

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top