Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PKL di Depan Stasiun Manggarai Setuju Direlokasi

"Nanti kalau ditata pasti tempatnya akan jadi lebih nyaman, lebih rapi, tidak di pinggir jalan langsung begini," kata wanita yang akrab dipanggil Bu Mis itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Oktober 2019  |  15:28 WIB
Warga melintas di antara Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan - Antara
Warga melintas di antara Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pedagang kaki lima (PKL) di sekitar dan depan Stasiun Manggarai direlokasi ke tempat lain agar tetap dapat berjualan sehingga ekonomi keluarga tidak terganggu dengan rencana pemerintah menjadikan tempat itu sebagai Stasiun Sentral pada 2021.

"Relokasi saya gak apa, tapi jangan sampai tidak berjualan. Saya masih punya anak tiga, Bapaknya mereka, juga udah gak ada," kata salah satu PKL aneka minuman di depan Stasiun Manggarai Yanti, saat ditemui wartawan, Jumat (25/10/2019).

Yanti mengaku sudah lima tahun berjualan di depan stasiun itu dan praktis sudah menjadi tulang punggung keluarga.

Senada dengan Yanti pedagang lainnya, Suparjo belum mengetahui ada rencana penertiban di Kawasan Manggarai karena akan dibuat menjadi Stasiun Sentral.

"Belum, belum tahu saya ada begituan," kata Suparjo sambil menggoreng batagor yang dijajakannya.

Ia pun setuju dengan Yanti jika relokasi menjadi solusi terbaik untuk para pedagang yang berjualan di daerah Stasiun Manggarai.

"Relokasi pokoknya, yang penting jualan dan laku," kata Suparjo.

Mereka berdua belum mengetahui rencana penataan pedagang yang akan dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penataan pedagang direncanakan untuk mempersiapkan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral pada 2021.

Berbeda dengam Yanti dan Suparjo salah seorang pedagang lain, bernama Mumis mengetahui rencana penertiban karena Stasiun Manggarai direncanakan menjadi stasiun sentral.

Mumis berharap penertiban yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI nantinya dapat membuat para pedagang kaki lima di Stasiun Manggarai lebih tertata.

"Nanti kalau ditata pasti tempatnya akan jadi lebih nyaman, lebih rapi, tidak di pinggir jalan langsung begini," kata wanita yang akrab dipanggil Bu Mis itu.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia akan menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral pada 2021.

Nantinya, Stasiun Manggarai akan melayani penumpang kereta api jarak jauh dan fungsi dari Stasiun Gambir akan kembali menjadi stasiun untuk penumpang kereta api commuter line.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi membenarkan penertiban di kawasan Stasiun Manggarai menjelang rencana Stasiun Sentral.

"Koordinasi kita lakukan terus, terkait penertiban, dengan RT/RW kelurahan dan kecamatan terus dilakukan penertiban berbasis dialog dan musyawarah,” kata Supandi, Rabu (9/10).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pkl

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top