Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasukan Biru Diturunkan Atasi Genangan Air di Jakarta

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Selatan mengerahkan puluhan pasukan biru untuk mengatasi genangan di sejumlah titik akibat hujan sejak Jumat (17/1/2020) malam, hingga Sabtu (18/1/2020) dini hari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Januari 2020  |  12:36 WIB
Pasukan biru dari Sudin SDA Kebayoran Lama mengoperasikan pompa portabel untuk menyedot air genangan di pemukiman warga Jalan Loka Permai RT 010/RW 006 Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, Minggu (18/1/2020). - Antara
Pasukan biru dari Sudin SDA Kebayoran Lama mengoperasikan pompa portabel untuk menyedot air genangan di pemukiman warga Jalan Loka Permai RT 010/RW 006 Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, Minggu (18/1/2020). - Antara

 Bisnis.com, JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Selatan mengerahkan puluhan pasukan biru untuk mengatasi genangan di sejumlah titik akibat hujan sejak Jumat (17/1/2020) malam, hingga Sabtu (18/1/2020) dini hari. 

"Pasukan biru sudah dari Subuh bergerak ke lokasi-lokasi genangan, sampai saat ini masih siaga," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan, Junjung.

Junjung merinci sebanyak 15 anggota pasukan biru mengatasi genangan di Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini dan Dinas Pendidikan sudah surut dan lalu lintas lancar.

Begitu juga di Jalan Sudirman depan Atmajaya dan kolong Semanggi Kecamatan Setiabudi sebanyak 12 personel pasukan biru turun membersihkan tali-tali air.

Lalu di Jalan Hang Lekiu, Kebayoran Baru juga dikerahkan 10 personel pasukan biru melakukan pembersihan tali-tali air hingga lalu lintas sudah normal kembali pukul 10.00 WIB.

Pasukan biru juga mengerahkan pompa air portabel di sejumlah titik genangan seperti di Gandaria City dan pompa Lemigas situasional juga dioperasikan.

"Pompa portabel juga kita operasikan di Jalan Loka Permai, Kebayoran Lama, kini air sudah berangsur surut," kata Junjung.

Junjung mengatakan pasukan biru yang dimiliki Sudin SDA Jakarta Selatan tercatat sebanyak 1.048 orang, jumlah tersebut belum maksimal untuk mengatasi genangan di Jakarta Selatan yang memiliki cakupan wilayah yang luas dibandingkan dengan Jakarta Pusat.

"Idealnya kita butuh sekitar 1.400 personel, itu baru minimum loh," kata Junjung.

Sementara itu, hujan yang turun sejak Sabtu dini hari hingga pagi dengan intensitas ringan hingga sedang dan disertai kilat dan petir menimbulkan genangan di sejumlah titik di wilayah Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan dari akun twitter @TMCPolda Metro dan instragram milik Sudin SDA Jakarta Selatan @sudinsda.jaksel tercatat jumlah genangan terjadi di Kemandoran Pluis dan Jalan Hang Lekui.

Selain itu, juga di Kebayoran Baru, Jalan Sudirman depan kampus Atmajaya dan kolong Semanggi Kecamatan Setiabudi, Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini dan Dinas Pendidikan Setiabudi.

Ketinggian air bervariasi mulai dari 20-30 cm, genangan hampir mencapai lutut orang dewasa terjadi di Jalan Loka Permai RT 010/RW 006 Kelurahan Gandaria Selatan, hingga pukul 11.00 WIB berangsur surut.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta tmc polda metro jaya

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top