Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Setuju Rp4,3 Triliun untuk Normalisasi Kali Bekasi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui normalisasi Kali Bekasi sebagai langkah pengendalian banjir di wilayah Kota Bekasi. Dana yang disiapkan sebesar Rp4,3 triliun lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
JIBI
JIBI - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  12:23 WIB
Pengendara motor menggunakan jasa angkut untuk melintasi banjir yang menggenangi bawah jembatan Tol JORR, Kali Malang, Bekasi, Jabar, Selasa (21/2). - Antara/Saptono
Pengendara motor menggunakan jasa angkut untuk melintasi banjir yang menggenangi bawah jembatan Tol JORR, Kali Malang, Bekasi, Jabar, Selasa (21/2). - Antara/Saptono

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui normalisasi Kali Bekasi sebagai langkah pengendalian banjir di wilayah Kota Bekasi. Dana yang disiapkan sebesar Rp4,3 triliun lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Rencananya pakai dana multi years, tiga tahun tahun anggaran dimulai dari tahun ini," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di Bekasi, Rabu (29/1/2020).

Menurut dia, pelaksanaan normalisasi Kali Bekasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) akan dimulai pada September mendatang.

Ditargetkan proyek itu rampung tiga tahun kemudian. Meski sudah ada lampu hijau dari Presiden, kata dia, pemerintah daerah belum mendapatkan desain normalisasi sungai itu.

"Desainnya belum final karena ada perubahan desain," kata dia.

Ia mengatakan, sejumlah kegiatan dengan dana Rp4,3 triliun tersebut tak hanya berupa normalisasi kali, melainkan pembangunan turap, penataan sempadan, serta peningkatan kualitas jembatan yang rusak akibat terjangan arus ketika banjir.

"Ada bendungan juga," ujarnya.

Kepala Bidang Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi, Erwin Gwinda mengatakan, fokus penataan normalisasi Kali Bekasi akan dilakukan di sekitar kawasan Pondok Gede Permai (PGP), titik pertemuan Kali Cileungsi dan Cikeas. 

"Penataan sempadan Kali bekasi pascabanjir dan normalisasi, serta rekonstruksi tanggul," tambahnya.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi banjir

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top