Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Alternatif Sirkuit Formula E, Akhirnya Setneg Beri Lampu Hijau untuk Monas

Lokasi ajang balap mobil listrik Formula E mengerucut ke Gelora Bung Karno (GBK) dan Monumen Nasional yang merupakan rencana awal.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  14:42 WIB
Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah - Antara/Hafidz Mubarak
Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA - Lokasi ajang balap mobil listrik Formula E mengerucut ke Gelora Bung Karno (GBK) dan Monumen Nasional (Monas) yang merupakan rencana awal.

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto mengungkap bahwa selain berkunjung ke tempatnya, tim penyelenggara Formula E juga melakukan survei ke 4 lokasi lain.

"Dalam komunikasinya mereka enjajaki tempat lain seperti PIK, Ancol, Kemayoran, SCBD, GBK. Dari informasi yang kami dapatkan dari rekan-rekan yang terlibat, memang tempat yang paling diinginkan adalah di GBK," ujar Winarto, Selasa (11/2/2020).

Winarto pun secara intens mengikuti pertemuan dengan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, penyelenggara event, dan PT Jakarta Propertindo selaku pembuat infrastruktur sirkuit sejak Jumat (7/2/2020).

Dengan kemungkinan rute dari Gate 1 GBK (Plaza Barat) - Asia Afrika - Arah FX - Masuk Pintu 5 - Parkir Timur - kemudian kembali Menuju Stadion. Namun, pihak PPKGBK pun masih sedikit keberatan karena desain sirkuit yang diajukan pihak penyelenggara menggunakan ring road utama GBK.

"Jadi kalau kita mengusulkan di luar pagar, karena ring road utama itu digunakan untuk masyarakat berolahraga. Jadi jangan sampai kepentingan masyarakat tidak terakomodir," jelasnya.

"Kalau di luar pagar [stadion], kita juga dapat effort jalannya kan jadi bagus. Siapa tahu bisa digunakan juga untuk masyarakat berolahraga nantinya," tambah Winarto.

Kembali ke Monas

Dalam kesempatan lain, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah menjelaskan bahwa kemungkinan besar lokasi sirkuit Formula E tetap berada di Monas atas dasar 'izin bersyarat' dari Kementerian Sekretaris Negara.

"Ada beberapa alternatif kemarin, GBK salah satunya. Tapi per sore kemarin, arahnya kembali ke Monas. Kemensetneg sudah kasih lampu hijau buat dilaksanakan di kawasan Medan Merdeka," ujarnya Selasa (11/2/2020).

Saefullah mengungkap bahwa tim infrastruktur sirkuit pun akan mulai melakukan pengerjaan fisik di kawasan teraebut dalam waktu dekat. Meski demikian, Saefullah belum mau mengungkap rute sirkuit secara pasti.

"Jadi beberapa hari ke depan, Jakpro sudah mulai melakukan persiapan-persiapan infrastrukturnya, jadi memang harus didetail, tapi nanti kita minta bantuan semua pihak untuk menyosialisasikan ini semuanya bahwa akan ada ajang E Formula di kawasan Medan Merdeka," tambahnya.


Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

monas Formula E Championship
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top