Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CFD atau HBKB Jakarta di 32 Lokasi: Hanya Sampai Pukul 9 Pagi, Nongkrong Bakal 'Digiring'

Lokasi hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) pada pekan ini akan dipecah menjadi 32 lokasi, untuk menghindari terjadinya keramaian.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  21:23 WIB
Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menekankan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB/car free day) pada Minggu ini akan berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan lokasi HBKB pada pekan ini akan dipecah menjadi 32 lokasi, untuk menghindari terjadinya keramaian.

"Jadi berdasarkan evaluasi kami di pelaksanaan HBKB kemarin, itu kan salah satu penyebab terjadinya kerumunan itu pejalan kaki. Nah, kemudian ini kami pisah menjadi 32 lokasi, fasilitasnya memang khusus untuk pesepeda. Pejalan kaki ini boleh, tapi tidak boleh lagi bergerombol, berkumpul, seperti yang terjadi di HBKB [kemarin], tujuannya itu," ujarnya, Kamis (25/6/2020).

Syafrin menjelaskan bahwa mulai Minggu ini, sebanyak 1.526 personel gabungan Dishub, Satpol PP, serta TNI-Polri akan dikerahkan untuk mengawasi warga yang berolahraga. Jika ditemukan warga yang berolahraga sambil 'nongkrong', akan digiring keluar dari kawasan HBKB.

"Ini pesan kita kepada warga yang beraktivitas di ruang jalan yang sekarang kami buka untuk ruang publik. Olahraga itu dioptimalkan fungsinya. Jangan dijadikan tempat untuk kongko-kongko. Ketemu teman, kumpul, seolah-olah sekarang itu situasinya sudah biasa saja, padahal kita sekarang masih dalam masa transisi pelaksanaan PSBB," tambahnya.

Seperti diketahui, pengganti HBKB di Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin yang nantinya terbagi di 32 lokasi ini akan dibuka mulai pukul 06.00-09.00 WIB pagi dan ditutup sementara untuk kendaraan bermotor, dengan tujuan untuk meminimalisir kerumunan orang. 

HBKB di kawasan Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin akan ditiadakan pada 28 Juni 2020. Bagi warga yang ingin berolahraga, tersedia 32 kawasan yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi berikut:

Jakarta Pusat
1. Jalan Suryopranoto
2. Jalan Percetakan Negara 2
3. Jalan Pejagalan Raya
4. Jalan Paseban Raya
5. Jalan Zamrud Raya
6. Jalan Amir Hamzah
7. Jalan Pramuka Sari 1
8. Jalan Danau Tondano

Jakarta Timur
9. Jalan Pemuda
10. Jalan RA. Fadilah
11. Jalan Inspeksi BKT
12. Jalan Raden Inten
13. Jalan Bina Marga

Jakarta Utara
14. Jalan Danau Sunter Selatan
15. Sisi Inspeksi Kali Sunter RBS
16. Jalan Kelapa Hibrida
17. Jalan Pulau Maju Bersama
18. Jalan Benyamin Sueb/ Pademangan Timur
19. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

Jakarta Barat
20. Jalan Gadjah Mada
21. Jalan Hayam Wuruk
22. Jalan Putri Harum
23. Jalan Puri Ayu
24. Jalan Puri Elok
25. Jalan Puri Molek
26. Jalan Puri Ayu 1
27. Jalan Puri Molek 1

Jakarta Selatan
28. JLNT Antasari
29. Jalan Sultan Iskandar Muda
30. Jalan Tebet Barat Dalam Raya
31. Jalan Kesehatan Raya
32. Jalan Cipete Raya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta car free day
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top