Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov DKI Bakal Pangkas IMB Jadi 65 Hari, Ini Tujuannya

Masyarakat hanya membutuhkan waktu 65 hari untuk mengurus IMB. Sebelumnya pengurusan IMB menyita waktu sampai 367 hari.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  17:21 WIB
Ilustrasi - jakarta.go.id
Ilustrasi - jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggodok rencanan penyederhanakan peraturan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Dengan penyederhanaan itu, masyarakat hanya membutuhkan waktu selama 65 hari untuk mengurus IMB yang sebelumnya menyita waktu sampai 367 hari.

“Pergubnya sedang kita godok, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita selesaikan. Yang coba kita sederhanakan adalah yang ada di Pemda tidak usah diberikan kembali kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta Heru Hermawanto saat ditemui di Balai Kota, Senin (24/8/2020).

Heru mencontohkan, permohonan perizinan Ketetapan Rencana Kota (KRK) yang diterbitkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat langsung diurus oleh petugas.

“Kita kurangi hal-hal yang tidak perlu, KRK itu perlu ga sih, wong KRK yang nerbitin itu Pemda kenapa diminta ke masyarakat. SIPPT, Amdal sekalian saja, itu yang coba kita persiapkan,” ujarnya.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan perekonomian DKI Jakarta anjlok 8,22 persen pada kuartal II/2020 jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Perekonomian Indonesia di kuartal II ini turun 5,32 persen dibanding tahun lalu, sedangkan Jakarta turun 8,22 persen lebih dalam,” kata Anies melalui akun Facebook pribadinya pada Rabu (5/8/2020).

Sejak awal, Anies mengatakan perekonomian DKI Jakarta diperkirakan bakal turun lebih dalam dari padamilik perekonomian nasional di tengah krisis akibat pandemi Covid-19. Kendati demikian, dia melanjutkan, perekonomian DKI Jakarta juga diperkirakan bakal rebound degan cepat apabila pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta izin mendirikan bangunan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top